PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI JARINGAN HEWAN MELALUI DIGITAL BOOK TERHADAP SISWA KELAS XI IPA 1 SMAN NEGERI 3 BOGOR TAHUN AJARAN 2019/2020

Devi Rozalina

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi jaringan hewan melalui digital book. Sampel yang digunakan yaitu kelas XI IPA 1 SMAN 3 Bogor tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 36 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil analsis data pada siklus I memperoleh nilai rata-rata keseluruhan sebesar 78,58, dalam siklus I masih terdapat siswa yang memperoleh nilai dibawah KKM sehingga dari hasil refleksi guru perlu dilakukan siklus II untuk memperbaiki siklus I. Hasil analisis data pada siklus II memperoleh nilai-rata-rata keseluruhan sebesar 82,06, dalam siklus II ini seluruh siswa memperoleh nilai ulangan jaringan hewan diatas KKM. Selain itu diperoleh nilai gain score sebesar 3,48. Hasil dari ketiga analisis data tersebut dapat diartikan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan digital book jaringan hewan mampu meningkatkan hasil belajar siswa.


Keywords


digital book, hasil belajar, jaringan hewan

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/biodidaktika.v15i2.8721

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 BIODIDAKTIKA: JURNAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARANNYA