IMPLEMENTASI MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP LITERASI SAINS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUB KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh model discovery learning terhadap literasi sains dan hasil belajar peserta didik di kelas X MIPA SMA Negeri 7 Tasikmalaya pada sub konsep pencemaran lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah true experiment, dengan desain penelitian posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MIPA SMA Negeri 7 Kota Tasikmalaya, sebanyak enam kelas. Sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling sebanyak dua kelas, dengan hasil kelas X MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 6 sebagai kelas kontrol. Untuk mengukur literasi sains peserta didik, digunakan instrumen berupa tes pilihan majemuk berjumlah 22 butir soal dan untuk hasil belajar berupa tes pilihan majemuk berjumlah 32 butir soal. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji analysis of covariance (ANCOVA) dengan α 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model discovery learning terhadap literasi sains dan hasil belajar peserta didik pada sub konsep pencemaran lingkungan di kelas X MIPA SMA Negeri 7 Kota Tasikmalaya serta terdapat hubungan antara literasi sains dan hasil belajar.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30870/biodidaktika.v15i2.8722
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 BIODIDAKTIKA: JURNAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARANNYA