The Role of Learning Facilitators Analysis in the Implementation of Learning in Non-Formal Education (SPNF) at the Learning Activity Center (SKB)

Cindy Josephine

Abstract


Peran fasilitator pembelajaran dalam penyelenggaraan pendidikan kesetaraan di SPNF SKB Biringkanaya meliputi berbagai fungsi penting. Sebagai informan, fasilitator memberikan informasi kepada peserta didik terkait materi pembelajaran dan jadwal kegiatan pembelajaran. Sebagai organisator, fasilitator mengelola kegiatan pembelajaran seperti penjadwalan, penyelenggaraan proses pembelajaran, evaluasi, dan penyusunan rencana pembelajaran (RPP). Fasilitator juga berperan sebagai motivator, yaitu memotivasi peserta didik agar tetap aktif dan bersemangat dalam belajar. Sebagai pembimbing, fasilitator mengarahkan dan mendukung peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Sebagai inovator, fasilitator memberikan gagasan dalam proses pembelajaran dan merancang model pembelajaran yang inovatif. Fasilitator menyebarluaskan kebijakan kepada peserta didik yang tidak dapat hadir dan berperan sebagai fasilitator dengan menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung proses pembelajaran. Selain itu, fasilitator sebagai mediator memperkenalkan dan membiasakan peserta didik dengan media pembelajaran selama proses pembelajaran berlangsung, dan fasilitator sebagai evaluator melakukan penilaian untuk menilai kemajuan dan kinerja peserta didik.

 


Keywords


learning facilitators, SKB

Full Text:

PDF

References


Anita miska

Universitas negeri Semarang