EFEKTIVITAS STIMULUS ORGANISM RESPONSE TERHADAP PENGETAHUAN TUBERKULOSIS PARU REMAJA DI SMK PASUNDAN 2 KOTA SERANG
Abstract
ABSTRAK
Latar belakang: Tuberkulosis (TBC) paru adalah penyakit kronis menular yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis. Rendahnya pengetahuan TBC paru pada remaja menjadi faktor penghambat keberhasilan pengendalian penyakit. Stimulus Organism Response (SOR) dengan Perjalanan Si Myco dapat menjadi upaya efektif untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran remaja dalam menurunkan angka kejadian TBC paru. Tujuan: Mengetahui efektivitas SOR terhadap pengetahuan TBC paru remaja di SMK Pasundan 2 Kota Serang. Metode: Penelitian kuantitatif quasi experiment dengan pendekatan non equivalent control group. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling dengan 62 responden menggunakan satu lembar observasi dan satu kuesioner pretest posttest. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks dan Mann Whitney U. Hasil: Terdapat perbedaan signifikan tingkat pengetahuan sebelum dan setelah SOR pada kelompok eksperimen (p value 0,000). Terdapat perbedaan signifikan tingkat pengetahuan sebelum dan setelah SOR pada kelompok kontrol (p value 0,012). Terdapat perbedaan singnifikan rata-rata pengetahuan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebelum SOR (p value 0,000). Tidak terdapat perbedaan singnifikan rata-rata pengetahuan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah SOR (p value 0,117). Kesimpulan: Stimulus Organism Response (SOR) tidak efektif terhadap peningkatan pengetahuan tuberkulosis paru remaja di SMK Pasundan 2 Kota Serang (p value 0,117).
Kata Kunci: Stimulus Organism Response, Pengetahuan, Tuberkulosis Paru, Remaja, Promosi Kesehatan
ABSTRACT
Background: Pulmonary tuberculosis (TB) is a chronic infectious disease caused by Mycobacterium tuberculosis. Low knowledge of pulmonary tuberculosis in adolescents is a factor inhibiting the success of disease control. Stimulus Organism Response (SOR) with Si Myco's Journey can be an effective effort to increase knowledge and awareness of adolescents in reducing the incidence of pulmonary tuberculosis. Objective: To determine the effectiveness of SOR on adolescent pulmonary tuberculosis knowledge at SMK Pasundan 2 Serang City. Methods: Quasi experiment quantitative research with non equivalent control group approach. The sampling technique used was purposive sampling with 62 respondents using one observation sheet and one pretest posttest questionnaire. Data analysis using Wilcoxon Signed Ranks test and Mann Whitney U. Results: There is a significant difference in the level of knowledge before and after SOR in the experimental group (p value 0.000). There is a significant difference in the level of knowledge before and after SOR in the control group (p value 0.012). There is a significant difference in the average knowledge in the experimental group and control group before SOR (p value 0.000). There is no significant difference in the average knowledge of the experimental group and the control group after SOR (p value 0.117). Conclusion: Stimulus Organism Response (SOR) is not effective in increasing the knowledge of adolescent pulmonary tuberculosis at SMK Pasundan 2 Serang City (p value 0.117).
Keywords: Stimulus Organism Response, Knowledge, Pulmonary Tuberculosis, Adolescents, Health Promotion
Full Text:
PDFReferences
Badan Pusat Statistik Kota Serang. (2024). Jumlah Kasus HIV/AIDS, IMS, DBD, Diare, TB, dan Malaria Menurut Kecamatan di Kota Serang 2023. https://serangkota.bps.go.id/id/statistics-table/2/MjA5IzI=/jumlah-kasus-hiv-aids--ims--dbd--diare--tb--dan-malaria-menurut-kecamatan-di-kota-serang.html%0A
Bawono, Y. (2023). Perkembangan Anak & Remaja (M. Y. Reski (ed.); Issue September). Yayasan Pendidikan Cendekia Muslim.
Chen, Y., Wu, X., & Thompson, W. (2016). The Impact of Baseline Differences on Posttest-Only Analysis: A Simulation Study. Journal of Modern Applied Statistical Methods, 15(1), 338–351. https://doi.org/10.22237/jmasm/1462079760
Conner, M., & Norman, P. (2022). Health Behavior: Theory, Research, and Practice. In Comprehensive Clinical Psychology, Second Edition (Vol. 8). Jossey Bass. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-818697-8.00060-1
Dheda, K., Perumal, T., Moultrie, H., Perumal, R., Esmail, A., Scott, A. J., Udwadia, Z., Chang, K. C., Peter, J., Pooran, A., von Delft, A., von Delft, D., Martinson, N., Loveday, M., Charalambous, S., Kachingwe, E., Jassat, W., Cohen, C., Tempia, S., … Pai, M. (2022). The intersecting pandemics of tuberculosis and COVID-19: population-level and patient-level impact, clinical presentation, and corrective interventions. The Lancet Respiratory Medicine, 10(6), 603–622. https://doi.org/10.1016/S2213-2600(22)00092-3
Hart, A. (2001). Mann-Whitney Test is Not Just a Test of Medians: Differences in Spread Can Be Important. BMJ, 323(7309), 391–393. https://doi.org/10.1136/bmj.323.7309.391
Ismail, S. (2018). Hubungan Kegiatan Penyuluhan Sosial Keliling dengan Kemampuan Karang Taruna. Idea : Jurnal Humaniora, 96–108. https://doi.org/10.29313/idea.v0i0.4177
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Pedoman Nasional Pelayanan Kedokteran Tata Laksana Tuberkulosis. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2024). Kasus TBC Tinggi Karena Perbaikan Sistem Deteksi dan Pelaporan. https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20240129/2644877/kasus-tbc-tinggi-karena-perbaikan-sistem-deteksi-dan-pelaporan/
Kurniawan, D. (2018). Komunikasi Model Laswell dan Stimulus-Organism-Response dalam Mewuudkan Pembelajaran Menyenangkan. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(1), 60–68.
Ni’mah, J., Satria, R. P., & Indrastuti, A. (2024). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Siswa SMP Tentang Pencegahan Tuberkulosis Paru (TBC). Jurnal Ners, 8(16), 2101–2105.
Peraturan Presiden Nomor 67 Tahun 2021 Tentang Penanggulangan Tuberkulosis, 67 Kementerian Kesehatan Re 107 (2021).
Perhimpunan Dokter Paru Indonesia. (2021). Tuberkulosis Pedoman Diagnosis dan Penatalaksanaan di Indonesia. In Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (Vol. 001, Issue 2014).
Pratiwi, A. P., Widiastuti, Y., & Putra, K. D. (2020). Perbedaan Gender Terhadap Perilaku Pencarian Informasi Kesehatan pada Remaja. Jurnal Promkes, 8(1), 42–48. https://doi.org/10.20473/jpk.V8.I1.2020.42-48
Putri, D. K., Suswidiantoro, V., Dwiningrum, R., & Soleha, E. N. (2022). Pengaruh Edukasi Terhadap Pengetahuan Siswa Menengah Kejuruan K di Pringsewu. Journal Pharmacy Aisyah, 1(1), 6–9.
Suhaid, D. N., Sulistiani, R. P., Manungkalit, E. M., Pabeno, Y., Sada, M., Pratiwi, A. I., Wardani, D. W. K. K., Solichatin, Prasetyo, B., Adriana, N. P., Aningsih, B. S. D., Mandarana, M., & Wicaksono, D. (2020). Pengantar Promosi Kesehatan (M. A. Susanto (ed.); I). Pradina Pustaka. https://www.google.co.id/books/edition/Pengantar_Promosi_Kesehatan/c-B1EAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=promosi+kesehatan&printsec=frontcover
Survei Kesehatan Indonesia. (2024). Survei Kesehatan Indonesia Tahun 2023 dalam Angka.
Weni, I. F., Karno, S. W., Knaofmone, P. Y., Harsela, F., Dara, K., Zai, F. A., Bani, S. M., Elu, K. M., Ina, E. A., & Yunita, R. (2025). Pengaruh Penyuluhan TB Paru Menggunakan Media Video Terhadap Peningkatan Pengetahuan Siswa Kelas Delapan SMPN 11 Kota Kupang. 2(11), 5081–5085.
World Health Organization. (2022). Tuberkulosis. https://www.who.int/indonesia/news/campaign/tb-day-2022/fact-sheets
World Health Organization. (2024). Global Tuberculosis Report 2024. In Blood. https://doi.org/978 92 4 156450 2
DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jik.v6i1.34596
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jawara : Jurnal Ilmiah Keperawatan