Hubungan Tingkat Ketergantungan Nikotin Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Pasundan 2 Kota Serang
Abstract
ABSTRAK
Latar Belakang: Ketergantungan merupakan pemakaian zat berbahaya seperti nikotin dapat mengubah cara kerja otak yang menyebabkan kecanduan. Kebiasaan menghisap tembakau selama bertahun-tahun berdampak pada kesehatan fungsi otak dan mental. Kandungan nikotin dalam rokok memiliki efek pada otak, termasuk menyebabkan ketergantungan dan toksifitas pada fungsi kognitif dan gejala kesulitan konsentrasi. Akibatnya, jika perokok terus merokok, mereka akan mengalami penurunan fungsi kognitif pada usia pelajar. Pembelajaran dan perolehan nilai akhir akan dipengaruhi oleh penurunan fungsi kognitif. Tujuan: untuk mengetahui hubungan ketergantungan nikotin terhadap prestasi belajar siswa di SMK Pasundan 2 Kota Serang. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain analitik menggunakan metode cross sectional study. Teknik sampling pada penelitian ini menggunakan nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling dengan sampel 117 responden. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini adalah lembar kuesioner Fagerstrom dan hasil rata-rata prestasi siswa selama 1 semester. Hasil: Sebagian besar siswa berada pada kategori tingkat ketergantungan nikotin ringan sebanyak 45,16% 74.19%. Bagitupun dengan prestasi belajar siswa Sebagian besar berada pada kategori baik sebanyak 45,16%. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara tingkat ketergantungan nikotin dan prestasi belajar siswa SMK Pasundan 2 Kota Serang dengan p-value 0.000. Kesimpulan: Terdapat hubungan signifikan antara tingkat ketergantungan nikotin dan prestasi belajar siswa dengan p-value 0.000.
Kata Kunci: Ketergantungan Nikotin, Prestasi, Belajar
ABSTRACT
Background: Dependence is the use of harmful substances such as nicotine that can change the way the brain works leading to addiction. The habit of smoking tobacco for years has an impact on brain and mental health. The nicotine content in cigarettes has effects on the brain, including causing dependence and toxicity on cognitive function and symptoms of concentration difficulties. As a result, if smokers continue to smoke, they will experience a decline in cognitive function at student age. Learning and the acquisition of final grades will be affected by the decline in cognitive function. Objective: To determine the relationship of nicotine dependence on student learning achievement at SMK Pasundan 2 Serang City. Methods: This research uses quantitative method with analytic design using cross sectional study method. The sampling technique in this study used nonprobability sampling with purposive sampling technique with a sample of 117 respondents. The instruments used in collecting data for this study were Fagerstrom questionnaire sheets and average student achievement results for 1 semester. Results: Most students are in the category of mild nicotine dependence level as much as 45.16% 74.19%. Likewise with student achievement Most students are in the good category as much as 45.16%. It can be concluded that there is a relationship between the level of nicotine dependence and learning achievement of students of SMK Pasundan 2 Serang City with a p-value of 0.000. Conclusion: There is a significant relationship between the level of nicotine dependence and student achievement with a p-value of 0.000.
Keywords: Nicotine Dependence, Achievement, Learning
Full Text:
PDFReferences
Alzahra & Anisa Nabila (2023) Hubungan Kebiasaan Merokok dengan Prestasi Belajar pada Remaja di SMAN 1 Sindangkasih Kabupaten Ciamis. Bachelor Degree thesis, STKes Muhammadiyah Ciamis.
Amin, Harianti, 2018. Pola Asuh Orang Tua dalam Motivasi Belajar Anak. Yogyakarta : deepublish.
Badan Pusat Statistik. (2023). Prevalensi remaja perokok di Indonesia tahun 2024. Badan Pusat Statistik. https://www.bps.go.id
Dinkes Banten. (2017). Pengertian Rokok dan Akibatnya. Retrieved January 18, 2021, from Dinas Kesehatan Provinsi Banten website: https://dinkes.bantenprov.go.id/read/berita/488/pengertian-merokok-danakibatnya.html
Donny, Sanggam. (2022). Pengaruh Perilaku Merokok Orang Tua Terhadap Kaum Remaja. Jurnal Christian Humaniora, 6(2), 16-26.
Fahriza Rahman Hafid. (2018). Hubungan Perilaku Merokok dengan Proses Belajar pada Siswa SMPN 4 Muara Ancalong Kabupaten Kutai Timur. Journal Sosiatri-Sosiologi. 6 (3): 30-43.
Nikmah, A. (2013). Dampak penggunaan handphone terhadap prestasi siswa.E-jurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya; Volume 5.
Abdullah, Aminol Rosid., Rosyid Moh.Syaiful, dan Mustajab. 2019. Prestasi Belajar. Literasi Nusantara : Malang
Rahmah, N. (2015). Pengaruh Rokok Terhadap Kesehatan dan Pembentukan Karakter Manusia. Prosiding Seminar Nasional, 01(1),78.
Rompas, S., & Ismanto, A. Y. J. (2020). Belajar Pada Remaja Perokok. Jurnal Keperawatan, 3.
Ferdita, W., Alwi, M. K., & Asfar, A. (2021). Hubungan Perilaku Merokok dengan Prestasi Belajar pada Siswa di SMK. Window of Nursing Journal, 1(2), 143–151. https://doi.org/10.33096/won.v1i2.358
Ginting, A. H. (2019). Pengaruh Disiplin Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri 101836 Kuala T.A 2018/2019. Medan : Universitas Quality.
Kemenkes RI. (2023). Buku petunjuk teknis layanan konseling upaya berhenti merokok (UBM) di fasyankes. Direktorat Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2P) Kementerian Kesehatan Tahun 2023, 0–14. https://p2ptm.kemkes.go.id/dokumen-p2ptm?download=MEM4VHZpVlFud3M3UmdkUUtJUTBRdz09
Larasati, dkk. (2024). Hubungan Kebiasaan Merokok dengan Konsentrasi Belajar pada Mahasiswa. Junior Medical Journal, 2(5), 591-601.
Melda, S. (2017). Faktor-Faktor Penyebab Remaja Merokok (Studi Kasus Remaja Laki-Laki Di Kelurahan Karang Asam Ulu Kecamatan Sungai Kunjang Kota Samarinda). EJournal Sosiatri-Sosiologi, 5(4), 102–116. http://ejournal.ps.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2017/11/01_format_artikel_ejournal_mulai_hlm_genap-1 - Copy (11-09-17-11-49-20).pdf
Pratama, dkk. (2023). Hubungan Perilaku Merokok Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di MAN 6 Aceh Besar. Calory Journal : Medical Laboratory Journal, 1(4), 174-181.
Sa’diyah, D. R., & Surjaningrum, E. R. (2021). Health Belief Model pada Perilaku Merokok Menurut Tingkat Pendapatan. Buletin Riset Psikologi Dan Kesehatan Mental (BRPKM), 1(1), 638–648. https://doi.org/10.20473/brpkm.v1i1.26803
Saraswati, I., & Widyatuti. (2018). Prestasi Akademik Terkait dengan Perilaku Merokok. Jurnal Ners Widya Husad, 5(2), 60.
Sodik, M. A. (2018). Merokok & Bahayanya. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.
Sudarta, I. K. (2022). Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika melalui Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Mind Mapping. Indonesian Journal of Educational Development, 2(4), 599–608. https://doi.org/10.5281/zenodo.6203651
Susanto, A. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.
Utami, N. (2020). The Impact of Parent’s Smoking Behavior on Adolescent Smoking Behavior in Indonesia. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 16(3), 327–335. https://doi.org/10.30597/mkmi.v16i3.9801
Yispan, dkk. (2023). Hubungan Antara Perilaku Merokok Siswa dengan Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 2 Bambang Kecamatan Bambang Kabupaten Mamasa. Journal Peqguruang: Conference Series, 5(1), 445-449.
Yuliarti, R., Karim, D., & Sabrian, F. (2015). Hubungan Perilaku Merokok Dengan Prestasi Belajar Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Riau. Jurnal Online Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Riau, 2(1), 812–819.
DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jik.v6i2.34742
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jawara : Jurnal Ilmiah Keperawatan