ANALYSIS BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) AT THE MAS AGUNG'S BALADO CRAB BUSINESS COTTAGE, SERANG CITY, BANTEN

Fharikha Indri Yawati, Serlina Candraningtiyas, Alya Rachmavia Putri, Kayla Hakim Shalsabila, Melly Nurseha, Nazmi Safina, Retno Aulia Ningrum Purnamasari, Esza Cahya Dewantara

Abstract


Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia menunjukkan pertumbuhan yang signifikan, dengan sektor perikanan menjadi salah satu yang paling menjanjikan. Penelitian ini menganalisis model bisnis Pondok Kepiting Balado Mas Agung menggunakan pendekatan Business Model Canvas (BMC) dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif melalui wawancara dengan para pelaku usaha, mengidentifikasi pengalaman, tantangan, dan strategi yang diterapkan dalam menjalankan bisnis makanan laut. Hasil analisis menunjukkan bahwa bisnis ini memiliki segmen pelanggan yang beragam dengan proposisi nilai yang kuat, serta saluran distribusi yang dianggap memadai. Selain itu, kolaborasi dengan pemasok lokal dan platform digital menjadi kunci dalam meningkatkan potensi daya saing. Pondok Kepiting Balado Mas Agung memberikan wawasan tentang pentingnya beradaptasi dan berinovasi dalam menghadapi tantangan pasar, terutama di masa pandemi COVID-19.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

 

 

 

 

 

 







Tools

Published by:
Faculty of Agriculture, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Managed by: Marine Sciences Study Programe, Faculty of Agriculture, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Address: Jl. Raya Palka No.Km.3, Sindangsari, Pabuaran, Serang, Banten 42163
Email: [email protected]

Creative Commons License
JURNAL is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.