PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Dila Muliati, Alis Triena Permanasari, Tri Sayekti

Abstract


Anak usia dini adalah manusia kecil yang memiliki potensi yang harus dikembangkan. Berbicara merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang utama dan yang pertama kali dipelajari oleh manusia dalam hidupnya. Berbicara juga merupakan suatu bentuk bahasa yang menggunakan artikulasi kata-kata yang digunakan untuk menyampaikan maksud, karena berbicara merupakan bentuk komunikasi yang paling efektif, penggunaannya paling luas dan penting.. Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui perkembangan berbicara anak usia 5-6 tahun di RA FIRDAUS , 2) peran guru dalam mengembangkan kemampuan berbicara pada anak usia 5-6 tahun di RA FIRDAUS, 3) metode yang digunakan guru dalam mengembangkan kemampuan berbicara pada anak usia 5-6 tahun di RA FIRDAUS. Penelitian ini dlaksanakan di RA FIRDAUS I pada bulan April 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini, yaitu: perkembangan bicara anak di RA FIRDAUS I kemampuan bicaranya sudah banyak yang berkembang dengan baik, terlihat dari

keaktifan anak yang selalu mengikuti kegiatan pembelajaran dengan antusias terutama dalam metode pembelajaran tanya jawab anak-anak selalu percaya diri untuk berbicara dan berdongeng di depan kelas. Peran guru dalam mengembangkan kemampuan berbicara dapat terlihat melalui metode pembelajaran yang dilakukan guru yaitu dengan metode tanya jawab disetiap awal maupun diakhir kegiatan, dengan metode ini guru dapat mendorong anak untuk selalu bertanya. Metode yang diberikan guru dalam mengembangkan kemampuan bicara anak metode tanya jawab dapat mendorong anak untuk selalu bertanya, metode bercakapcakap dapat membiasakan anak berkomunikasi dengan guru maupun teman sebayanya dan dapat menjalin kedekatan antara guru dan anak, metode eksperimen dapat menambah wawasan anak tentang hal baru yang belum anak ketahui dan dapat meningkatkan keterlibatan anak dalam kegiatan, serta metode demonstrasi bertujuan agar anak dapat cepat memahami dan melakukan apa yang telah guru contohkan.


Keywords


peran guru; kemampuan berbicara; anak usia 5-6 tahun.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.