STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM PEDESAAN DENGAN PRODUK KHAS BAKSO GORENG

Neka Fitriyah, Naniek Afrilla Framanik, RD. Nia Kania Kurniawati

Abstract


Pengembangan UMKM merupakan salah satu kegiatan penguatan kapasitas dan keberdayaan masyarakat. UMKM Raja Basreng merupakan salah satu UMKM yang mampu bertahan di era Covid-19. Pasang surut usaha, lemahnya daya beli dan minimna modal tidak melemahkan semangat para pngelola dalam mengembangkan UMKM. Kegiatan pengabdian ini bertujuan agar UMKM Raja Basreng tidak hanya mampu bertahan di era yang sulit tetapi mampu melakukan perluasan pasar dan mampu meningkatan kualitas produk. Pengabdian ini menggunakan metode pendampingan, terdiri dari empat kegiatan pendampingan yakni pendampingan pembuatan packaging produuk, peningkatan kualitas produk, pemanfaatan alat serta perluasan pemasaran. Out put dari kegiatan pendampingan ini adalah adanya desain packaging produk yang diaplikasikan, penggunaan bahan baku yang berkualitas, pemanfaatan etalase penjualan agar lebih menarik serta pemetaan perluasan pasar melalui pembukaan wilayah-wilayah baru. Hasil dari kegiatan ini adalah pengembangan UMKM melalui perluasan pasar yang terukur, terkontrol dan terkoordinir. 

Full Text:

PDF

References


Armoyu, H. M. (2013). Pemberdayaan Pendidikan Islam Sebagai Upaya Pengentasan Kemiskinan. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 11(2), 233. https://doi.org/10.21154/cendekia.v11i2.278

Dewi, M. H. U. (2013). Pengembangan Desa Wisata Berbasis Partisipasi Masyarakat Lokal Di Desa Wisata Jatiluwih Tabanan, Bali. Jurnal Kawistara, 3(2), 129–139. https://doi.org/10.22146/kawistara.3976

Fadil, fathurrahman. (2013). Partisipasi Masyarakat Dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Di Kelurahan Kotabaru Tengah. Jurnal Ilmu Politik Dan Pemerintahan Lokal, II(8), 287–294. http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/JIPPL/article/view/897

Florina, I. D., Mulyani, S., & Khusna, I. H. (2019). Pembuatan Kemasan Produk Ikan Asap sebagai Strategi Promosi Produk di Desa Suradadi, Tegal. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(4), 594–602. https://doi.org/10.30653/002.201944.233

Hanim, L., Soponyono, E., & Maryanto, M. (2022). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 30–39. https://doi.org/10.24967/psn.v2i1.1452

Hidayat, Y. and Triharyanto, E. (2017). ‘Peningkatan Daya Jual Aneka Produk Olahan Makanan Melalui Teknik Pengemasan Produk’,. Jurnal Kewirausahaan Dan Bisnis, 19(10), 45–53.

Servaes, H., & Tamayo, A. (2017). The role of social capital in corporations: A review. Oxford Review of Economic Policy, 33(2), 201–220. https://doi.org/10.1093/oxrep/grx026

Soeharjoto, S., Lutfi, M. Y., & Tajib, E. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengenalan Usaha Kreatif Di Daerah Aliran Sungai Citarum Desa Mulyasari. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 7(3), 219–224. https://doi.org/10.32699/ppkm.v7i3.1007


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Common License
Journal Publisher
Publisher Address

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).

Jurnal Respon Komunitas dan Pemberdayaan (JRKP) is published by Communication Science Department, Faculty of Social and Political Science, Sultan Ageng Tirtayasa University


Jl. Raya Palka Km 3 Sindangsari, Pabuaran, Kab. Serang Provinsi Banten., Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia.

Telepon/Fax: (0254) 280330,
Email: jrkp@untirta.ac.id