PELATIHAN PEMANFAATAN MEDIA DIGITAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI BAGI PENGELOLA DESA WISATA DI KABUPATEN LEBAK, BANTEN

Rina Fitriana, Ronny Yudhi Septa Priana

Abstract


Peningkatan kompetensi pengelola desa wisata melalui pelatihan pemanfaatan media digital untuk promosi diberikan agar para pengelola dapat menerapkan pemanfaatan Media Digital  pada berbagai usaha pariwisata yang ada di desa wisatanya. Pelatihan ini diberikan dengan memakai metode teoritis dan praktik. Pratest dan pretest yang diberikan kepada peserta menunjukkan bahwa pelatihan kali ini disambut baik oleh para pengeloal desa wisata yang bahkan menginginkan pelatihan serupa dengan jam praktik yang lebih banyak. Hal lain yang ditemukan melalui pelatihan ini adalah fakta bahwa pemanfaatan Media Digital bagi promosi desa wisata ternyata sudah dilakukan walaupun masih dengan cara yang sederhana sehingga belum belum memberikan hasil yang signifikan terhadap peningkatan kunjungan wisata dan penjualan produk wisata lainnya. Dengan adanya pelatihan ini, para pengelola sepakat bahwa mereka akan mulai menerapkan promosi Media Digital pada usaha-usaha pariwisata di desa mereka dengan tujuan meningkatkan kunjungan wisata dan penjualan produk-produk wisata lain di desa wisata mereka.

Kata Kunci: Media Digital, Promosi, Pengelola Desa Wisata, Usaha Pariwisata


Full Text:

PDF

References


E. Yuliati, and D. Suwandono, (2016.) "Arahan Konsep dan Strategi Pengembangan Kawasan Desa Wisata Nongkosawit Sebagai Destinasi Wisata Kota Semarang," Ruang, vol. 2, no. 4, pp. 263-272, Oct.

Enggriani, M., Dewi, T. R., & Rachim, F. (2023). PENGARUH PEMASARAN ONLINE PAKAIAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI APLIKASI ONLINE SHOPEE PADA MAHASISWA INSTITUT PARIWISATA TRISAKTI. JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen), 8(2), 175-181.

Fitrianna, H., & Aurinawati, D. (2020). Pengaruh Digital Marketing Pada Peningkatan Brand Awareness Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Cokelat Monggo di Yogyakarta. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 3(3), 409-418.

Kaplan, A.M. and Haenlein, M. (2010), “Users of the world, unite! The challenges and opportunities of social media”, Business Horizons, Vol. 53 No. 1, pp. 59-68.

M. Bala, D. Verma (2018). A Critical Review of Digital Marketing. International Journal of Management, IT & Engineering, 8(10), 321–339.

Muntinga, D.G., Moorman, M. and Smit, E.G. (2011), “Introducing COBRAs: exploring motivations for brand-related social media use”, International Journal of Advertising, Vol. 30 No. 1, pp. 13-46.

Napitupulu, G. E., & Simbolon, R. (2022). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Penjualan Indihome (Studi Pada PT. Telekomunikasi Indonesia di Daerah BSD Tangerang Selatan). Jurnal Ekonomis, 15(1c).

Narottama, N., & Moniaga, N. E. P. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Destinasi Wisata Kuliner di Kota Denpasar. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), 8(2), 741-773.

O’Connor, P., dan D. B. (2005). Information Communication Technology Revolutionizing Tourism. Tourism Recreation Research, Vol. 30(3), 7–16.

Saputra, G. W., & Ardani, I. G. A. K. S. (2020). Pengaruh digital marketing, word of mouth, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian (Doctoral dissertation, ][Udayana University).

Web:

Darsono. (2005). Pengertian Desa. http://desasentonorejo.wordpress.com/bab-ii/

Kompas, https://www.kompasiana.com/seirasahla7122/5cebe4cbaa3ccd5b1c0817d2/pemanfaatan-digital-marketing-pariwisata-pada-era-industri-4-0#:~:text=Digital%20marketing%20dalam%20pariwisata%20dibuat,%2C%20forum%20discussion%2C%20mobile%20applications. (diakses pada Senin, 28 Agustus 2023, pukul 11.57 WWIB)

https://www.lebakunique.id/destinasi/desa-wisata (diakses pada Minggu, 1 Oktober 2023, pukul 14.44 WWIB)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Common License
Journal Publisher
Publisher Address

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).

Jurnal Respon Komunitas dan Pemberdayaan (JRKP) is published by Communication Science Department, Faculty of Social and Political Science, Sultan Ageng Tirtayasa University


Jl. Raya Palka Km 3 Sindangsari, Pabuaran, Kab. Serang Provinsi Banten., Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia.

Telepon/Fax: (0254) 280330,
Email: jrkp@untirta.ac.id