Pendampingan Digital Marketing UMKM Jamu 51 di Kota Cilegon Pada Akun Instagram @jamu51official

Mia Amiyati, Nisriyna Hasna, Nida Nafilah

Abstract


Usaha jamu tradisional Indonesia memerlukan optimalisasi untuk pengembangan usaha, kurangnya penetrasi dan eksposur online dari UMKM ini, menjadi penghambat untuk mencapai pasar potensial secara efektif. Adapun Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan dan mengoptimalkan kehadiran mereka di platform digital seperti website yang informatif dan responsif, serta aktif di media sosial untuk meningkatkan visibilitas dan keterlibatan dengan masyarakat. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendampingan digital marketing untuk UMKM Jamu 51.    sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah BMC (Business Model Canvas). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berfokus pada pendampingan digital marketing untuk UMKM Jamu 51 telah menunjukkan hasil yang positif dan signifikan. Dengan dilakukannya pelatihan dasar penggunaan Instagram sebagai platform pemasaran digital, maka akan mampu untuk meningkatkan dan memperluas target pasar dan meningkatkan penjualan secara signifikan

 

Kata Kunci: Jamu Tradisional, Business Model Canvas, UMKM, Pemasaran Digital

References


-File Utama Naskah-275-2-10-20211205. (n.d.).

Agustine, N., & Kusumaningrum, R. (n.d.). Strategi Komunikasi Pemasaran UMKM Makanan @Mochi_Momi Dalam Promosi Melalui Instagram. Nurkinan INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3, 10356–10371.

Dany Rahmayanti, H., Halim, M., Ardiani, S., & Nurul Akmalia, dan. (n.d.).

PENDAMPINGAN FOTO PRODUK UMKM KOMUNITAS SAUNG TALEUS DI KOTA BOGOR MENGGUNAKAN PONSEL CERDAS.

Febriyanti, T., & Farida, S. N. (2023). Peran Foto Produk Sebagai Media Promosi Untuk

Meningkatkan Volume Penjualan Produk UMKM Desa Karangan The Role Of

Product Photos As Promotional Media To Increase The Sales Volume Of UKM Karangan Village Products. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 20–27. https://doi.org/10.55606/jpkm.v2i3.168

Kristanto, T., & Muliawati, C. (2017). Rachman Arief 3) , dan Syaiful Hidayat 4) Jurusan

Teknik Informatika, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya 1),3) Jurusan Teknik Kimia, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya 2) Jurusan Teknik Informatika, Universitas Dr. Soetomo 4) Jl. Arief Rachman Hakim No. 100 Surabaya 1),2),3) Jl. Semolowaru No. 84 Surabaya 4) Telp : +6285730370856 1. In Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (Issue 2).

Nandhita Ahsanul Hawa, Budi Harto, & Panji Pramuditha. (2023). Efektifitas Komunikasi Pemasaran Bisnis UMKM Melalui Fitur Reels Instagram. KOMVERSAL, 5(1), 40–51. https://doi.org/10.38204/komversal.v5i1.1204

Rambe, G., Ar-Ridho, A., UIN Su Medan, C., Gunung Meriah, K., As-Sunnah, S., & Al-

Muhajirin, Mt. (n.d.). TEORI MEDIA/TEORI DIFUSI INOVASI.

Royhan, A. M., & Rum, M. (n.d.). AGRISCIENCE ANALISIS NILAI TAMBAH DAN BUSINESS MODEL CANVAS UKM JAMU MADURA (Studi kasus UKM Al-Manshurien Kamal, Bangkalan). https://journal.trunojoyo.ac.id/agriscience




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jrkp.v2i1.31160

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Common License
Journal Publisher
Publisher Address

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).

Jurnal Respon Komunitas dan Pemberdayaan (JRKP) is published by Communication Science Department, Faculty of Social and Political Science, Sultan Ageng Tirtayasa University


Jl. Raya Palka Km 3 Sindangsari, Pabuaran, Kab. Serang Provinsi Banten., Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia.

Telepon/Fax: (0254) 280330,
Email: [email protected]