STRATEGI SMART DALAM MENGHADAPI ERA BARU KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR PASCA PANDEMI COVID-19

Ari Pandu Witantra, Andin Nesia

Abstract


Esensi belajar sesungguhnya memberi tantangan dan pengalaman pada anak. Hanya bila beban tantangan tugasnya hanya mencatat ulang buku paket atau menyelesaikan soal-soal, maka siswa hanya belajar pada level rendah. Mereka hanya belajar untuk menghafal atau mengulang gagasan yang ada di buku. Saat ini Guru dan siswa terbiasa memanfaatkan berbagai aplikasi untuk pembelajaran, seperti Google Classroom, Meet, Canva, Zoom, Prezi atau sejenisnya. Pada dasarnya belajar jarak jauh ini bukan hanya terbatas pada penggunaan teknologi, tapi bagaimana mentransfer ilmu dan pembiasaan yang baik dari guru kepada siswa. Jangan sampai penggunaan teknologi hanya menggantikan tempat ceramah guru dari ruang kelas berpindah tempat melalui teknologi virtual. Hambatan yang terjadi dalam proses Belajar Dari Rumah saat pandemi dan menurunnya tingkat penularan covid-19 di akhir tahun 2020 membuat Menteri Pendidikan, Nadiem Anwar Makarim pada November 2020 menyarankan sekolah perlu mempersiapkan Kembali metode sekolah tatap muka mulai Januari tahun 2021. Dengan masih banyaknya kasus penularan yang terjadi, sekolah perlu memiliki banyak pertimbangan dalam mempersiapkan metode belajar tatap muka, dilain pihak masih banyak Orangtua/ wali siswa yang belum bersedia anaknya kembali belajar tatap muka. Penelitian ini akan membahas bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan pihak sekolah dalam menghadapi metode belajar tatap muka di Banten menggunakan kaidah SMART.


Full Text:

PDF

References


Dominick, R Joseph. 2001. The Dynamics of Mass Communication. London: McGraw-Hill Companies.

Johnson, Carolyn Y.; Sun, Lena; Freedman, Andrew (2020-03-10). "Social distancing could buy U.S. valuable time against coronavirus". Washington Post. Diakses tanggal 2020-04-26.

Kriyantono, S.Sos,M.Si, Rachmat.2006. Teknik Praktik Riset Komunikasi, Jakarta: Kencana Media

McQuail, Denis, 2011, Teori Komunikasi Massa (McQuail‘s Mass Communication Theory) Edisi 6 Buku 2. Jakarta: Salemba Humanika

Morissan, 2013 Teori Komunikasi Massa Komunikator, Pesan, Percakapan, da Hubungan (Interpersonal), Bogor: Ghalia Indonesia.

Papalia, D. E., Old, S. W., Feldman, R. T. 2008. Human Development (Psikologi Perkembangan) Bagian V s/d IX. Jakarta : Kencana.

Severin, Werner J dan James W. Tankard. 2005. Teori Komunikasi.Jakarta: Kencana

Reni Nureni, dkk Jurnal Sosioteknologi Edisi 30 Tahun 12, Desember 2013 hal 465

Evaluasi Penilaian Kinerja dengan Menggunakan Metode SMART dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Kerja Deddy Rusyandi , Rr. Rachmawati, ISEI Business and Management Review Vol. I, No. 2, September 2017, pages 79– 87 http://jurnal.iseibandung.or.id/index.php/ibmr


Refbacks

  • There are currently no refbacks.