PERSEPSI ORANG TUA DI PROVINSI BANTEN TERHADAP KEBIJAKAN DIBUKANYA KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR TATAP MUKA TAHUN 2021 DI ERA PANDEMI COVID-19

Rahmi Winangsih, Darwis sagita, Burhan Mujtaba

Abstract


Setiap orang dapat melihat hal yang sama namun mempunyai kecenderungan dengan cara berbeda-beda. Perbedaan tersebut dipengaruhi oleh sejumlah faktor, diantaranya pengetahuan, pengalaman dan sudut pandangnya. Cara pandang seseorang terhadap suatu objek tertentu  menggunakan alat  indera  yang  dimiliki,  kemudian berusaha untuk  menafsirkannya. Hal  ini  kemudian  yang  kita  pahami  sebagai persepsi. Penelitian ini berusaha memahami persepsi masyarakat tentang kebijakan   pemerintah   untuk   membuka   kembali   kegiatan   belajar mengajar sekolah secara tatap muka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan melakukan teknik survei terhadap sampel orang tua murid yang ada di Banten. Hasil penelitian ini adalah secara dominan orang tua siswa di Banten sudah mengetahui perkembangan informasi tentang virus covid-19 dari berbagai referensi, termasuk tentang adanya program vaksinasi. Namun perasaan percaya terhadap program vaksinasi secara dominan hanya terjadi di Kota Tangerang. Sedangkan pada Kabupaten kota lainnya, rasa ketidakpercayaan pada program vaksinasi sedikit lebih besar selisihnya dibanding rasa percaya pada vaksin. Namun mereka tetap lebih banyak yang memilih untuk melakukan vaksinasi, kendati selisihnya pun tidak banyak dengan yang memilih tidak melakukan vaksin. Dan  secara dominan orang tua  di seluruh Kabupaten Kota di Provinsi Banten yang diteliti, memilih untuk memutuskan anaknya mengikuti pembelajaran tatap muka..


Full Text:

PDF

References


Dominick, R Joseph. 2001. The Dynamics of Mass Communication. London: McGraw-Hill Companies.

Kriyantono, S.Sos,M.Si, Rachmat.2006. Teknik Praktik Riset Komunikasi, Jakarta: Kencana Media.

McQuail, Denis, 2011, Teori Komunikasi Massa (McQuail‗s Mass Communication Theory) Edisi 6 Buku 2. Jakarta: Salemba Humanika.

Morissan, 2013 Teori Komunikasi Massa Komunikator, Pesan, Percakapan, dan Hubungan (Interpersonal), Bogor: Ghalia Indonesia.

Papalia, D. E., Old, S. W., Feldman, R. T. 2008. Human Development (Psikologi Perkembangan) Bagian V s/d IX. Jakarta : Kencana.

Severin, Werner J dan James W. Tankard. 2005. Teori Komunikasi.Jakarta: Kencana

Jurnal Reni Nureni, dkk Jurnal Sosioteknologi Edisi 30 Tahun 12, Desember 2013 hal 465.

Johnson, Carolyn Y.; Sun, Lena; Freedman, Andrew (2020-03-

. "Social distancing could buy U.S. valuable time against coronavirus". Washington Post. Diakses tanggal 2020-04-26.

Thomas, Z. .2020,13February WHO says fake Coronavirus claims causing infodemic. Retrieved From https://www.bbc.com/news/technology-51497800


Refbacks

  • There are currently no refbacks.