PENGARUH TERPAAN TAYANGAN YOUTUBE FIKI NAKI TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA ASING (Survey Terhadap Subscriber Fiki Naki)

Ali Akbar, Een Irianti

Abstract


Tayangan YouTube Fiki Naki merupakan tayangan mengenai konten perbincangan ringan dengan orang asing melalui hasil rekaman dari website Ome TV. Konten YouTube Fiki Naki berisi tentang topik-topik pembicaraan ringan seputar kehidupan sehari-hari yang dikemas dengan menarik dan menggunakan bahasa asing yang beragam. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar terpaan tayangan YouTube Fiki Naki, seberapa besar kemampuan berbahasa asing yang ditunjukan oleh subscriber dan seberapa besar pengaruh terpaan tayangan YouTube Fiki Naki terhadap kemampuan berbahasa asing pada subscriber Fiki Naki. Dalam teori kultivasi menunjukan sebuah gambaran mengenai sebuah terpaan tayangan yang secara terus-menerus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif

dengan menggunakan metode korelasional. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik random sampling. Penelitian ini menunjukan bahwa terpaan tayangan YouTube Fiki Naki diinterpretasikan berada pada interval tinggi dengan skor keseluruhan 2533, begitu juga dengan kemampuan berbahasa asing diinterpretasikan berada pada interval tinggi juga dengan skor total 4132. Dengan hasil koefisien determinasi sebesar 50,4% menandakan bahwa kemampuan berbahasa asing dipengaruhi oleh terpaan tayangan YouTube Fiki Naki. Sementara sisanya sebesar 40,6% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini

Full Text:

PDF

References


Acep Hermawan. (2010). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Bandung. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.

Achmadi, A. Dan C. N. (2005). Metode Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Alo Liliweri. (2011). Komunikasi Serba Ada Serba Makna (1 Ed.). Rawamangun- Jakarta: Kencana Prenada Media Grup. Diambil Dari Https://Books.Google.Co.Id/Boo ks?Hl=Id&Lr=&Id=Mbzndwaaqba j&Oi=Fnd&Pg=Pa1&Dq=Komunik asi+Adalah&Ots=Kfdi4sygmr&Sig

=I1sj_Nrne5uvoj1hi9uek31aakg&R edir_Esc=Y#V=Onepage&Q&F=Fa lse

Ardianto, Elvinaro Dan Erdinaya, L. K. (2004). Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Asep Syamsul M. Romli. (2008). Kamus Jurnalistik Daftar Istilah Penting Cetak, Radio, Dan Televisi (1 Ed.). Jakarta Pusat: Bandung : Simbiosa

Rekatama Media.

Bloomfield, L. (1995). Bahasa. Gramedia Pustaka Utama.

Budi, T. P. (2006). Spss 13.0 Terapan; Riset Statistik Parametrik. Yogyakarta:

C.V Andi Offset.

Chao, Y. R. (1968). Language And Symbolic Systems. Cup Archive.

Effendy, O. (1993). Komunikasi Dan Praktek. Bandung, Remaja Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Grasindo. Rosdakarya.

Hedge, T. (1992). Writing: Resource Books For Teachers. Oxford: Oxforduniversity Press.

Keller, P. K. K. L. (2012). Marketing Management. 14th Edition (14 Ed.). Dki Jakarta: Pt. Indeks Kelompok Gramedia.

Kriyantono, R. (2014). Teori Public Relations Perspektif Barat Dan Lokal: Aplikasi Penelitian dan Praktik. Jakarta: Kencana.

Littlejohn, S. W. (2009). Teori Komunikasi (9 Ed.). Jakarta: Salemba Humanika.

Mcquail, D. (1991). Teori Komunikasi Massa: Suatu Pengantar (2nd Ed). Jakarta: Erlangga.

Mulyanto Sumardi. (1974). Pengajaran Bahasa Asing Sebuah Tinjauan Dari Segi Metodolog. Jakarta: :Bulan Bintang.

Nasrullah, R. (2016). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, Dan Sosioteknologi. Jakarta Pusat: Bandung : Simbiosa Rekatama

Media.

Nasution, S. (2004). Metode Penelitian Naturalistik-Kualitatif. Bandung: Tarsito Agung.

Nasution, Z. (2014). Sosiologi Komunikasi Massa. In: Komunikasi Massa Dan Masyarakat. In Komunikasi Massa komunikasi Massa.

Noermanzah, N. (2019). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi, Citra Pikiran, Dan Kepribadian. Bahasa (Semiba). Seminar Nasional Pendidikan

Bahasa Dan Sastra, Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba), 307.

Nurudin. (2007). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Pt Raja Grafindo Persanda.

Nurudin. (2009). Jurnalisme Masa Kini (4 Ed.). Jakarta: Jakarta: Rajawali Pers, 2009.

Nurudin Dkk. (2020). Teori Komunikasi Massa Dan Perubahan Masyarakat. (Nurudin, Ed.). Malang: Pt Cita Intrans Selaras. Diambil Dari Https://Books.Google.Co.Id/Boo

ks?Id=Pqnsdwaaqbaj&Lpg=Pa14& Ots=Iqyqudld8k&Dq=HeavyView ersYoutube&Hl=Id&Pg=Pr1#V=O nepage&Q=HeavyViewers Youtube&F=False

Onong, Prof. (2006). Ilmu Komunikasi.

Bandung: Rosda : Bandung., 2006. Diambil Dari

Https://Opac.Iainbengkulu.Ac.Id

/Index.Php?P=Show_Detail&Id=1 9266

Puntoadi, D. (2011). Menciptakan Penjualan Via Social Media. Elex Media Komputindo.

Purwanto, N. (2011). Psikologi Pendidikan. Bandung: Pt Siswa Broadcast Rosdakarya.

Riduwan & Sunarto. (2009). Pengantar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2002). Metode Penelitian Administrasi.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D,. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Pt Alfabet.

Tarigan. (2005). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Vardiansyah, D. (2018). Kultivasi Media Dan Peran Orangtua : Aktualisasi Teori Kultivasi Dan Teori Peran Dalam Situasi Kekinian, 15, 64–78.

Widyatama, R. (2009). Buku Pengantar Periklanan, Cet 6. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

Wiyanto, A. (2004). Terampil Menulis Paragraf. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Yuliarti, M. S. (2011). Agama Dan Entertainment: Fungsi Sosial Media

Massa Dalam Program Religi Di Tv,

Diambil Dari Https://Catalogue.Paramadina.Ac

.Id/Index.Php?P=Show_Detail&Id

=28044

Jurnal/ Skripsi

Fauzi, Z. (2021). Pengaruh Terpaan Video “ Wtf Indonesia : The Final Episode” Di Youtube Terhadap Persepsi Siswa Broadcast Tentang Konten Youtube Pemula Di Indonesia (Studi Kasus Pada Siswa Smk Negeri 3 Batu). Universitas Muhammadiyah

Malang. Diambil Dari Https://Eprints.Umm.Ac.Id/7663 8/49/Pendahuluan.Pdf

Gumelar, A. (2017). Pengaruh Terpaan Tayangan Saluran Youtube Dota Watafak Terhadap Pemenuhan Informasi Pemain Dota. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Marito, K. O. (2020). Pengaruh Terpaan

Tayangan Televisi Terhadap

Keterampilan Berbahasa Indonesia

Pada Murid Sd Negeri 191 Kotanopan.Diambil Dari Http://Repositori.Usu.Ac.Id/Han dle/123456789/29113

Mambaunnisa. (2014). Pengaruh Kemampuan Berbahasa Asing (Arab- Inggris) Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Mangole Dkk. (2017). Pemanfaatan Youtube Dalam Meningkatkan Pengetahuan Masyarakat Di Desa Paslaten Kecamatan Remboken Minahasa. Jurnal Acta Diurna. Diambil Dari

Https://Ejournal.Unsrat.Ac.Id/In dex.Php/Index/Index

Mulyati, Y. (2015). Keterampilan Berbahasa Indonesia Sd: Hakikat Keterampilan Berbahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Ridha, N. (2017). Proses Penelitian, Masalah, Variabel Dan Paradigma Penelitian. Diambil Dari

Https://Jurnalhikmah.Staisumater aMedan.Ac.Id/Index.Php/Hikma h/Article/View/18/15

Ryzka Aulia Nissya, S. (2020). Pengaruh Terpaan Tayangan Vlog Arief Muhammad Di Youtube Terhadap Minat Membuat Vlog Di Komunitas Youtubers Minang. Diambil Dari Https://Jom.Unri.Ac.Id/Index.Ph

p/Jomfsip/Article/View/26679

Yulianti, L. (2018). Korelasi Antara Kemampuan Berbahasa Arab Dengan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas Viii Mts Nurul Qodiri Tiga Gayau Sakti Lampung Tengah. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Internet

Simon Kemp. (2021). Digital 2021: The Latest Insights Into The “State Of Digital.” Diambil 27 Januari 2021, DariHttps://Wearesocial.Com/Bl

og/2 021/01/Digital-2021-The- Latest- Insights-Into-The-State-Of- Digital


Refbacks

  • There are currently no refbacks.