PENGGUNAAN KECERDASAN BUATAN (AI) DALAM PEMASARAN DIGITAL (Studi Deskriptif : Interaksi Konsumen dan Etika)

Dewi Syifa Hasanah

Abstract


Artificial Intelligence (AI) dapat dianggap sebagai salah satu elemen modernisasi dalam berbagai sektor. AI memberikan solusi teknologi dalam mengoptimalkan proses bisnis dan meningkatkan efisiensi operasional, AI bahkan berkontribusi besar dalam bidang ekonomi. Tujuan Penelitian ini Untuk mencari tahu pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) dalam strategi pemasaran digital. Metode penelitian deskriptif ini melibatkan data kualitatif yang kemudian diuraikan secara mendalam. Penelitian ini menggunakan teori New Media dan Teori Technology Acceptance Model (TAM), dalam teori TAM terdapat 2 persepsi yakni persepsi kemanfaatan dan persepsi kemudahan individu dalam menerima teknologi. Hasil penelitian ini ialah Artificial Intelligence (AI) biasanya tidak secara langsung dianggap sebagai bagian dari New Media. Dalam Persepsi Kemanfaatan teknologi dianggap sebagaimana pengguna percaya bahwa penggunaan teknologi atau sistem akan meningkatkan kinerja mereka dalam pekerjaan. Sedangkan dalam persepsi kemudahan menunjukan kepercayaan individu bahwa penggunaan teknologi dapat memudahkan, hal ini meliputi beberapa aspek seperti tingkat kesulitan pengguna, ketersediaan pelatihan dan dukungan teknis. Penggunaan teknologi AI di era serba digital ini sangat membantu dan memberikan kemudahan bagi para penggunanya dalam mengerjakan suatu pekerjaan terutama dalam konteks pemasaran digital.

References


Adhitia Prasetiyo Sudaryanto, & Stevy Hanny. (2023). Manajemen Sumber Daya Manusia Sektor Publik Menghadapi Kemajuan Kecerdasan Buatan (Artificial Intellegence). Musamus Journal of Public Administration, 6(1), 514–521.

Agustin, F. D. (2021). Kontribusi artificial intelligence (ai) dalam costumer relationship management (crm) pt. prudential cabang pekanbaru skripsi. 1–100.

Disemadi, H. S. (2021). Urgensi Regulasi Khusus dan Pemanfaatan Artificial Intelligence dalam Mewujudkan Perlindungan Data Pribadi di Indonesia. Jurnal Wawasan Yuridika, 5(2), 177.

Komalasari, D. (2021). Buku Ajar Digital Marketing. In Buku Ajar Digital Marketing.

Kunci, K. (2015). 3 1,2,3. 6(2), 1–6. Arviollisa, P. A. D., Chan, A., & Nirmalasari, H. (2021). Pengaruh Artificial Intelligence Terhadap Customer Experience (Studi Pada Pengguna Gojek Bandung, Jawa Barat). AdBispreneur: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Bisnis dan Kewirausahaan, 6(2), 115-124.

Kustiawan, W., Siregar, F. K., Alwiyah, S., & Lubis, R. A. (2022). Komunikasi massa. 11(1), 1–10.

Masrichah, S. (2023). Ancaman dan Peluang Artificial Intelligence (AI). Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 3(3), 83–101.

Melinda. (2022). Pemanfaatan Artificial Intelligence Chatbot Tarra (Toyota Interactive Virtual Assistant) Dalam Meningkatkan Customer Relationship Management Di Agung Toyota Pangkalan Kerinci. Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau, 4647.

Nugraha, Y., Masnita, Y., & Kurniawati, K. (2022). Peran Responsiveness Chatbot Artificial Intelligence Dalam Membentuk Customer Satisfaction. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 20(3), 143–158.

Pangkey, F. M., Furkan, L. M., & Mulyono, L. E. H. (2019). Pengaruh Artificial Intelligence dan Digital Marketing terhadap Minat Beli Konsumen. Jmm Unram - Master of Management Journal, 8(3), 258–269.

Priowirjanto, E. S. (2022). Urgensi Pengaturan Mengenai Artificial Intelligence Pada Sektor Bisnis Daring Dalam Masa Pandemi Covid-19 Di Indonesia. Jurnal Bina Mulia Hukum, 6(2), 254–272.

Rogers, T. (2023). 1,2,,3. 7. Naila, I., Atmoko, A., Dewi, R. S. I., & Kusumajanti, W. (2023). Pengaruh Artificial Intelligence Tools terhadap Motivasi Belajar Siswa Ditinjau dari Teori Rogers. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 150-159.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

       Vol. 1 No. 1 2023         Vol. 1 No. 2 2023 

        Vol. 2 No. 1 2024


 

Common License
Journal Publisher
Publisher Address

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Riset Komunikasi Terapan is published by Department of Communication Science, Faculty of Social and Political Science, Sultan Ageng Tirtayasa University


Jl. Raya Palka Km 3 Sindangsari, Pabuaran, Kab. Serang Provinsi Banten., Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia.

Telepon/Fax: (0254) 280330,
Email: [email protected]


View My Stats