Analisis Elaboration Likelihood Model dalam Strategi Kampanye Pemilihan Umum Presiden 2024 pada Media Sosial Tiktok

Haris H Witharja, Nia Kania Kurniawati, Rangga  Galura  Gumelar

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis pemanfaatan media sosial TikTok sebagai alat kampanye dalam Pilpres 2024 dengan pendekatan Elaboration Likelihood Model (ELM), membedah jalur sentral dan peripheral. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan analisis deskriptif, meliputi studi kasus pada Kampanye Pasangan Calon Presiden. Fokus analisisnya meliputi Model Komunikasi, terutama penerapan Model Komunikasi Elaboration Likelihood dengan pendekatan persuasif. Sumber data meliputi kampanye pasangan calon di TikTok dan pemberitaan online terkait. Hasil penelitian menunjukkan peran krusial TikTok dalam mencapai dan mempengaruhi pemilih, terutama generasi muda aktif di media sosial. Strategi kampanye, transparan, dan relevan berhasil menarik perhatian dan dukungan pemilih. Dengan demikian, penelitian ini memberikan wawasan tentang peran media sosial dalam politik modern, khususnya dinamika kampanye presiden di Indonesia.

References


Afifi, W. A., Littlejohn, S., & Foss, K. (2009). Theory of motivated information management (pp. 665-667). Thousand Oaks, CA: Sage.

Amaly, N., & Armiah, A. (2021). Peran Kompetensi Literasi Digital Terhadap Konten Hoaks dalam Media Sosial. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 20(2), 43-52.

Anshari, F. (2013). Komunikasi politik di era media sosial. Jurnal komunikasi, 8(1), 91-101.

Anwar, R., Siregar, A., and Putra, I. (2020). Pengaruh Media Sosial Terhadap Persepsi Politik Pemilih Pemula. Jurnal Komunikasi Politik, vol. 6, no. 1, pp. 1-12.

Borchers, T. A. (2005). Persuasion in the Media Age (2nd Ed.). New York: McGraw-Hill Companies, Inc.

Bulele, Y. N., & Wibowo, T. (2020). Perancangan dan Implementasi Video Company Profile Radio Republik Indonesia Programa 2 Batam Dengan Tujuan Promosi di Media Sosial. Social Sciences and Innovation Technology, 1, 370-381.

Chatterjee, Anjan. (2010). "Tanpa perwujudan kognisi." 2.1: 79-116.Bahasa dan kognisi

Creswell, John W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Dimyati, I. Ponsel dan Budaya Komunikasi Masyarakat Indonesia. Kontribusi Ilmu Komunikasi Bagi Pembangunan Daerah, 97.

Faradis, N., Al Fauzah, N. A., & Al Anshori, M. I. (2023, November). Media Sosial dan Persepsi Publik: Analisis Strategi Kampanye Digital Calon Presiden Indonesia 2024. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial (SNIIS) (Vol. 2, pp. 643-652).

Fitriyah, N., Sarwoprasodjo, S., Sjaf, S., & Soetarto, E. (2019). Interaksi Politik Jawara dalam Pembangunan Perspektif Tindakan Komunikatif. Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 2(02), 104-116.

Griffin, EM. (2006). A First Look at Communication Theory. McGraw-Hill, New York.

Gu, W., Chan, K. W., Kwon, J., Dhaoui, C., & Septianto, F. (2023). Informational vs. emotional B2B firm-generated-content on social media engagement: Computerized visual and textual content analysis. Industrial Marketing Management, 112, 98-112.

Harahap, M. A., & Adeni, S. (2020). Tren penggunaan media sosial selama pandemi di indonesia. Jurnal Professional FIS UNIVED, 7(2), 13–23.

Hasfi, N. (2019). Komunikasi Politik Di Era Digital. POLITIKA, 10(1).

Hia, E. F., & Siahaan, C. (2021). Komunikasi Politik Di Era Digital. Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(1), 6-18.

MacKenzie, Scott B and Ricard J.Lutz .(1989), An empirical examination of the structural antecedents of attitude toward ads in an advertising pretesting context, Journal of Marketing Research, 23 May, pp. 130-143.

Moekahar, F., Ayuningtyas, F., & Hardianti, F. (2022). Social Media Political Campaign Model of Local Elections in Pelalawan Regency Riau. Jurnal Kajian Komunikasi, 10(2), 242. https://doi.org/10.24198/jkk.v10i2.41680

Muldi, A. (2021). Model Komunikasi Dalam Pengelolaan Konflik Geotermal Di Kabupaten Serang. Jurnal Riset Komunikasi, 1(10), 117-134.

Muntazah, A., Emeilia, R. I., Andhikasari, R., & Aziz, A. (2022). Pelatihan Strategi Komunikasi Efektif Untuk Implementasi Parenting Pada Wali Santri Pesantren Motivator Al Qur’an Tazakka Bogor. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dharma Andalas, 1(1), 67-73.

Nimmo, D. (2007). Political communication and public opinion in America,atau komunikasi politik: komunikator, pesan dan media Cetakan kedua, terjemahan Tjun Surjaman,Bandung: Remaja Rosda Karya.

O’Keefe, D. J. (2008). Elaboration Likelihood Model. In W. Donsbach, (Eds)., The international Encyclopedia of Communication. (Vol 4., pp. 1475-1480). Oxford : Blackwell.

Park, Do-Hyung, Jumin Lee, dan Ingoo Han. (2007). "Pengaruh ulasan konsumen online terhadap niat membeli konsumen: Peran moderat dari keterlibatan." 11.4 : 125-148. Jurnal internasional perdagangan elektronik

Petty, R. E., Cacioppo, J. T., Petty, R. E., & Cacioppo, J. T. (1986). The elaboration likelihood model of persuasion (pp. 1-24). Springer New York.

Stoltenberg, C. D., Leach, M. M., & Bratt, A. (1989). The elaboration likelihood model and psychotherapeutic persuasion. Journal of Cognitive Psychotherapy, 3(3), 181-199.

Susanto, E. H. (2013). Dinamika komunikasi politik dalam pemilihan umum. Jurnal Kajian Komunikasi, 1(2), 163-172.

Ulfah, A. (2022). "Model Literasi Digital dalam Upaya Mengurangi Kesenjangan Digital untuk Santri Menuju Indonesia Emas 2045," Humanis: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Humaniora.

Van Dijk, J. A. (2012). The evolution of the digital divide-the digital divide turns to inequality of skills and usage. In Digital enlightenment yearbook 2012 (pp. 57-75). IOS Press.

We are Social. (2023). Indonesian Digital Report 2023. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2023/

Witantra, A. P., Sagita, D., Nesia, A., Framanik, N. A., Winangsih, R., Widyastuti, N. W., ... & Praceka, P. A. (2021). Dinamika Komunikasi dan Politik Chapter 2, 2021.

Yusanto, Y. (2019). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal of Scientific Communication Volume 1 Issue 1,


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

       Vol. 1 No. 1 2023         Vol. 1 No. 2 2023 

        Vol. 2 No. 1 2024


 

Common License
Journal Publisher
Publisher Address

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Riset Komunikasi Terapan is published by Department of Communication Science, Faculty of Social and Political Science, Sultan Ageng Tirtayasa University


Jl. Raya Palka Km 3 Sindangsari, Pabuaran, Kab. Serang Provinsi Banten., Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia.

Telepon/Fax: (0254) 280330,
Email: [email protected]


View My Stats