Pengelolaan Konten Instagram di Indonesia Power

Rosilah Rosilah, Ari Pandu Witantra, Ivan Issa Fathony

Abstract


Komunikasi digital menjadi elemen kunci dalam strategi pengelolaan informasi dan interaksi di masyarakat modern. Instagram saat ini tidak bisa dilepaskan dari keseharian sebagian masyarakat Indonesia. Hingga Februari 2024, hampir sepertiga penduduk Indonesia telah menggunakan Instagram. Perusahaan juga menggunakan Instagram untuk menyampaikan informasi perihal layanannya dan juga mendapatkan feedback dari konsumennya. Penyampaian informasi melalui konten digital yang relevan dan menarik tidak hanya membantu dalam membangun hubungan yang kuat dengan publik, tetapi juga berperan penting dalam edukasi, pemberian layanan, dan pembentukan opini.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengelolaan konten digital Instagram Indonesia Power dalam proses perencanaan pesan, pengemasan pesan dalam menyampaikan informasi penggunaan bahasa dan respon feedback.

Penelitian ini menggunakan metodelogi kualitatif deskriptif dengan menggunakan paradigma post-postivisme. Dengan hasil penelitian Instagram @plnipubp.suralaya menggunakan pengemasan konten digital melakukan penyampaian informasi melalui fitur yang ada serta humas sudah sesuai dengan keempat komponen yaitu context, communication, collaboration dan connection.

References


Auliano, Dheriq, 2022, Pengaruh Konten Reels Instagram Terhadap Pembentukan Brand Image (Studi Pada Followers Akun Instagram @luxxestudio). Ilmu Komunikasi UNILA

Azizah, Zahrina Ayu & Indri Rachmawati, Pengelolaan Konten Digital PT Assemblr Teknologi Indonesia, Prodi Manajemen Komunikasi, Ilmu Komunikasi, UIN Bandung.

Fadhil, M. M, 2023. Strategi Pengelolaan Akun Instagram @faktanyagoogle Sebagai Media Informasi Dalam Menangkal Hoaks, UIN Jakarta.

Faizal, O., & Abdullah, K. (n.d.). Jenis-jenis Digital Content Pada Akun Instagram Kreativv_id.

Hidayah, L. N, 2020, Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Pada Usaha CV. Ratatia Indonesia Rumbai Ditinjau Menurut Ekonomi Islam. Orphanet Journal of Rare Diseases, 82.

Iqbal, Raenaldy Musa dkk, 2023, Pembuatan Dan Pengelolaan Konten New Media Digital Dalam Meningkatkan Citra Badan Narkotika Nasional Kota Bandung, e-Proceeding of Applied Science : Vol.9, No.5. Telkom University, Bandung.

Kusumastuti, A., 2019, Metode Penelitian Kualitatif. Metode Penelitian Kualitatif, Deepublish, Semarang.

Mulyana, dkk 2005, Pembuatan Dan Pengelolaan Konten New Media Digital Dalam Meningkatkan Citra Badan Narkotika Nasional Kota Bandung, Jurusan & Komunikasi UNPAD.

M. Friliando Pratama, 2019, Pengelolaan Media Sosial Instagram Oleh Humas Sebagai Media Informasi Publik Pada Pemprov Riau, Jurusan Komunikasi UIN SUSKA.

Pramita Utami, N. P., dkk, 2022, Pengembangan Digital Content Creative untuk Mempromosikan Layanan Melalui Media Sosial Pada Perpustakaan, Universitas Pendidikan Ganesha. Bali.

Silalahi, U., 2010, Metode Penelitian Sosial Edisi Kedua, Refika Aditama, Bandung.

Somad, R., 2014, Manajemen Komunikasi: Mengembangkan Bisnis Berorientasi Pelanggan, Edisi Kesatu. ALFABETA, Bandung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

       Vol. 1 No. 1 2023         Vol. 1 No. 2 2023 

        Vol. 2 No. 1 2024

        Vol. 2 No. 2 2024

       Vol. 3 No. 1 2025

 

Common License
Journal Publisher
Publisher Address

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Riset Komunikasi Terapan is published by Department of Communication Science, Faculty of Social and Political Science, Sultan Ageng Tirtayasa University


Jl. Raya Palka Km 3 Sindangsari, Pabuaran, Kab. Serang Provinsi Banten., Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia.

Telepon/Fax: (0254) 280330,
Email: [email protected]


View My Stats