HYPERPERSONAL RELATIONSHIP PADA KOMUNIKASI VIRTUAL PENGGEMAR ANIME @JPFBASE

Dania Tiffany, Uliviana Restu Handaningtias

Abstract


Persepsi masyarakat yang mengatakan bahwa penggemar anime merupakan pribadi yang anti-sosial, yang membuat mereka menyembunyikan identitasnya di kehidupan sosial. Meskipun begitu, sebagai makhluk sosial, penggemar anime tetap memiliki kebutuhan untuk bertukar informasi dan menciptakan hubungan sosial dan menggunakan Media Sosial X sebagai wadah untuk melakukan komunikasi antar penggemar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan hyperpersonal terbentuk di kalangan pengikut akun @JPFBASE sekaligus untuk mengetahui pola hubungan hyperpersonal para pengikut akun @JPFBASE pada Media Sosial X. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah Model Komunikasi Hyperpersonal dengan pendekatan kualitatif interpretif dan metode netnografi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terbentuknya hubungan hyperpersonal diakibatkan dengan adanya 4 stimultan, yaitu penerima pesan yang selektif, pengirim pesan yang dapat mengekspresikan diri, saluran pesan yang membentuk komunikasi menjadi asynchronous, dan umpan balik yang berbentuk positif dan negatif. Pola hubungan yang terbentuk dalam hubungan hyperpersonal adalah kedekatan emosional yang tinggi, hubungan yang intens dan terbuka, serta komunikasi secara dua arah.

References


Al Fariz, M. B., Syarifudin, A., & Trisiah, A. (2024). Fenomena Budaya Wibu Sebagai Bentuk Komunikasi Remaja Generasi Z (Studi pada Komunitas Cosplay Naruto Fans Palembang). Buletin Antropologi Indonesia, 1(2), 9. https://doi.org/10.47134/bai.v1i2.2493

Ananda, B. F., Achmad, Z. A., Alamiyah, S. S., Wibowo, A. A., & Fauzan, L. A. (2022). Variasi Komunikasi Virtual pada Kelompok Pemain Game Mobile Legends. Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(1), 18–34. https://doi.org/10.15642/jik.2022.12.1.18-34

Arifin, R. D. (2023, October 22). Pengertian Twitter beserta Sejarah, Fitur, Fungsi, Manfaat, dll . Dianisa.Com. https://dianisa.com/pengertian-twitter/

Ayub, M., & Sulaeman, S. F. (2022). Dampak Sosial Media Terhadap Interaksi Sosial Pada Remaja: Kajian Sistematik . Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 7(1), 21–32.

Brata, A., Christin, M., & Fitrah, D. S. (2016). Komunikasi Antar Member Setipe.com (Studi Kualitatif Deskriptif Proses Komunikasi Hyperpersonal Member Setipe. com dalam Membangun Hubungan). E-Proceeding of Management, 3(2), 2298–2302.

Dalimunthe, M. A., Djuniardi, R., & Siswanda, D. (2024). Pengaruh Media Sosial terhadap Perubahan Pola Komunikasi. AHKAM, 3(1), 67–76. https://doi.org/10.58578/ahkam.v3i1.2486

Eriyanto. (2020). Metode Netnografi: Pendekatan Kualitatif dalam Memahami Budaya pengguna Media Sosial. PT Remaja Rosdakarya.

Fitriani, Y. (2017). Analisis Pemanfaatan Berbagai Media Sosial Sebagai Sarana Penyebaran Informasi Bagi Masyarakat . Paradigma, 19(2), 148–152.

Gama, F. I. (2024). Pengenalan Anime Sebagai Budaya Populer Jepang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 4(1), 21–27. https://doi.org/10.51805/jpmm.v4i1.159

Gil, P. (2023, July 26). What Is X (Formerly Twitter)? Lifewire.Com. https://www.lifewire.com/what-exactly-is-twitter-2483331

Hanani, S. (2017). Komunikasi Antarpribadi: Teori & Praktik . Ar-Ruzz Media.

Indonesia, C. (2020). Sejarah Anime: Sejak 1907 hingga Mewabah ke Indonesia. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20200719125155- 225-526357/sejarah-anime-sejak-1907-hingga-mewabah-ke-indonesia

Faidh, M. A., Maulana, M. E., Putri, N. E., Putri, S. I., Munir, T. A., & Laksana, A. (2024). Peran Media Sosial X Dalam Perkembangan Komunikasi Di Era Digital. Konsensus : Jurnal Ilmu Pertahanan, Hukum Dan Ilmu Komunikasi, 1(6), 43–51. https://doi.org/10.62383/konsensus.v1i6.433

Muslim. (2016). Varian-Varian Paradigma, Pendekatan, Metode, Dan Jenis Penelitian Dalam Ilmu Komunikasi. Wahana, 1(10), 77–85.

Nasrullah, R. (2014). Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). .

Nuraini, & Adriani, Y. (2020). Pengaruh Self-Esteem, Perceived Social Support, Dan Sense Of Community Terhadap Subjective Well-Being Penggemar Anime . Jurnal Ilmiah Penelitian Psikologi: Kajian Empiris & Non-Empiris, 7(2), 20–29.

Nurhayati, M. (2023). Komunikasi Virtual Melalui Media Sosial Instagram Di Kalangan . 6(1), 50–56.

Roem, E. R., & Sarmiati. (2019). Komunikasi Interpersonal. CV. IRDH. www.irdhcenter.com

Rusdianto, U. (2014). Cyber CSR: A Guide to CSR Communications on Cyber Media. Graha Ilmu.

Setyowati, P. A., & Indrawati, D. (2023). Jargon Penggemar Anime Pada Akun Autobase Twitter @animefess_. Sapala, 10, 130–141.

Sinarizqi, B. A., & Ningsih, W. L. (2022, May 18). Sejarah Anime: Awal Kemunculan dan Perkembangan Anime di Indonesia . Kompas.Com. https://www.kompas.com/stori/read/2022/05/18/090000679/sejarah-anime-awal-kemunculan-dan-perkembangannya-di indonesia?page=all#page2

Sosiawan, E. A. (2008). Kajian Teoritis Komunikasi Virtual: Internet dalam Prespektif Ilmu Komunikasi. Jurnal Llmu Komunikasi UPN Veteran Yogyakarta .

Stevany, R. (2024, July 24). Indonesia Pengguna X atau Twitter Terbanyak Keempat di Dunia . RRI. https://rri.co.id/lain-lain/859350/indonesia-pengguna-x- atau-twitter-terbanyak-keempat-di-dunia

Sumner, E. M., & Ramirez, A. (2017). Social Information Processing Theory and Hyperpersonal Perspective. In The International Encyclopedia of Media Effects (pp. 1–11). Wiley. https://doi.org/10.1002/9781118783764.wbieme0090

Suryani, I., Liliyana, H. M., & Ekasuci, R. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi Bagi Radio Mersi 93.9 FM. 11(30), 67–76. . Komunikasi: Jurnal Komunikasi, 11(30), 67–76.

Walther, J. B. (1996). Computer-Mediated Communication: Impersonal, interpersonal, and hyperpersonal interaction. Communication Research, 23(1), 3–43. https://doi.org/10.1177/009365096023001001

We Are Social. (2024). Digital 2024 Global Overview Report. We Are Social.Com. https://wearesocial.com/id/blog/2024/01/digital-2024/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

       Vol. 1 No. 1 2023         Vol. 1 No. 2 2023 

        Vol. 2 No. 1 2024


 

Common License
Journal Publisher
Publisher Address

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Riset Komunikasi Terapan is published by Department of Communication Science, Faculty of Social and Political Science, Sultan Ageng Tirtayasa University


Jl. Raya Palka Km 3 Sindangsari, Pabuaran, Kab. Serang Provinsi Banten., Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia.

Telepon/Fax: (0254) 280330,
Email: [email protected]


View My Stats