HYPERPERSONAL RELATIONSHIP PADA KOMUNIKASI VIRTUAL PENGGEMAR ANIME @JPFBASE
Abstract
Full Text:
1-18 PDF (Indonesian)References
Al Fariz, M. B., Syarifudin, A., & Trisiah, A. (2024). Fenomena Budaya Wibu Sebagai Bentuk Komunikasi Remaja Generasi Z (Studi pada Komunitas Cosplay Naruto Fans Palembang). Buletin Antropologi Indonesia, 1(2), 9. https://doi.org/10.47134/bai.v1i2.2493
Ananda, B. F., Achmad, Z. A., Alamiyah, S. S., Wibowo, A. A., & Fauzan, L. A. (2022). Variasi Komunikasi Virtual pada Kelompok Pemain Game Mobile Legends. Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(1), 18–34. https://doi.org/10.15642/jik.2022.12.1.18-34
Arifin, R. D. (2023, October 22). Pengertian Twitter beserta Sejarah, Fitur, Fungsi, Manfaat, dll . Dianisa.Com. https://dianisa.com/pengertian-twitter/
Ayub, M., & Sulaeman, S. F. (2022). Dampak Sosial Media Terhadap Interaksi Sosial Pada Remaja: Kajian Sistematik . Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 7(1), 21–32.
Brata, A., Christin, M., & Fitrah, D. S. (2016). Komunikasi Antar Member Setipe.com (Studi Kualitatif Deskriptif Proses Komunikasi Hyperpersonal Member Setipe. com dalam Membangun Hubungan). E-Proceeding of Management, 3(2), 2298–2302.
Dalimunthe, M. A., Djuniardi, R., & Siswanda, D. (2024). Pengaruh Media Sosial terhadap Perubahan Pola Komunikasi. AHKAM, 3(1), 67–76. https://doi.org/10.58578/ahkam.v3i1.2486
Eriyanto. (2020). Metode Netnografi: Pendekatan Kualitatif dalam Memahami Budaya pengguna Media Sosial. PT Remaja Rosdakarya.
Fitriani, Y. (2017). Analisis Pemanfaatan Berbagai Media Sosial Sebagai Sarana Penyebaran Informasi Bagi Masyarakat . Paradigma, 19(2), 148–152.
Gama, F. I. (2024). Pengenalan Anime Sebagai Budaya Populer Jepang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 4(1), 21–27. https://doi.org/10.51805/jpmm.v4i1.159
Gil, P. (2023, July 26). What Is X (Formerly Twitter)? Lifewire.Com. https://www.lifewire.com/what-exactly-is-twitter-2483331
Hanani, S. (2017). Komunikasi Antarpribadi: Teori & Praktik . Ar-Ruzz Media.
Indonesia, C. (2020). Sejarah Anime: Sejak 1907 hingga Mewabah ke Indonesia. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20200719125155- 225-526357/sejarah-anime-sejak-1907-hingga-mewabah-ke-indonesia
Faidh, M. A., Maulana, M. E., Putri, N. E., Putri, S. I., Munir, T. A., & Laksana, A. (2024). Peran Media Sosial X Dalam Perkembangan Komunikasi Di Era Digital. Konsensus : Jurnal Ilmu Pertahanan, Hukum Dan Ilmu Komunikasi, 1(6), 43–51. https://doi.org/10.62383/konsensus.v1i6.433
Muslim. (2016). Varian-Varian Paradigma, Pendekatan, Metode, Dan Jenis Penelitian Dalam Ilmu Komunikasi. Wahana, 1(10), 77–85.
Nasrullah, R. (2014). Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). .
Nuraini, & Adriani, Y. (2020). Pengaruh Self-Esteem, Perceived Social Support, Dan Sense Of Community Terhadap Subjective Well-Being Penggemar Anime . Jurnal Ilmiah Penelitian Psikologi: Kajian Empiris & Non-Empiris, 7(2), 20–29.
Nurhayati, M. (2023). Komunikasi Virtual Melalui Media Sosial Instagram Di Kalangan . 6(1), 50–56.
Roem, E. R., & Sarmiati. (2019). Komunikasi Interpersonal. CV. IRDH. www.irdhcenter.com
Rusdianto, U. (2014). Cyber CSR: A Guide to CSR Communications on Cyber Media. Graha Ilmu.
Setyowati, P. A., & Indrawati, D. (2023). Jargon Penggemar Anime Pada Akun Autobase Twitter @animefess_. Sapala, 10, 130–141.
Sinarizqi, B. A., & Ningsih, W. L. (2022, May 18). Sejarah Anime: Awal Kemunculan dan Perkembangan Anime di Indonesia . Kompas.Com. https://www.kompas.com/stori/read/2022/05/18/090000679/sejarah-anime-awal-kemunculan-dan-perkembangannya-di indonesia?page=all#page2
Sosiawan, E. A. (2008). Kajian Teoritis Komunikasi Virtual: Internet dalam Prespektif Ilmu Komunikasi. Jurnal Llmu Komunikasi UPN Veteran Yogyakarta .
Stevany, R. (2024, July 24). Indonesia Pengguna X atau Twitter Terbanyak Keempat di Dunia . RRI. https://rri.co.id/lain-lain/859350/indonesia-pengguna-x- atau-twitter-terbanyak-keempat-di-dunia
Sumner, E. M., & Ramirez, A. (2017). Social Information Processing Theory and Hyperpersonal Perspective. In The International Encyclopedia of Media Effects (pp. 1–11). Wiley. https://doi.org/10.1002/9781118783764.wbieme0090
Suryani, I., Liliyana, H. M., & Ekasuci, R. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi Bagi Radio Mersi 93.9 FM. 11(30), 67–76. . Komunikasi: Jurnal Komunikasi, 11(30), 67–76.
Walther, J. B. (1996). Computer-Mediated Communication: Impersonal, interpersonal, and hyperpersonal interaction. Communication Research, 23(1), 3–43. https://doi.org/10.1177/009365096023001001
We Are Social. (2024). Digital 2024 Global Overview Report. We Are Social.Com. https://wearesocial.com/id/blog/2024/01/digital-2024/
Refbacks
- There are currently no refbacks.