PENERAPAN 7CS PUBLIC RELATION DALAM STRATEGI INFORMASI DISKOMINFO TANGSEL MELALUI INSTAGRAM @HUMASKOTATANGSEL

Fridakhul Jannah, Rahmi Mulyasih

Abstract


Seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi, pemerintah pemerintah memanfaatkan media sosial khususnya Instagram untuk berinteraksi dan menyampaikan informasi kepada masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep 7Cs Public Relations dalam strategi penyampaian informasi yang diterapkan Diskominfo Tangsel melalui Instagram @humaskotatangsel. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan paradigma post-positivisme. Hasil penelitian ini adalah (1) Kredibilitas (Kredibilitas) dibangun melalui penyajian informasi yang akurat dan terverifikasi. (2) Konteks (Konteks) diperhatikan dengan menyesuaikan informasi sesuai kebutuhan masyarakat Kota Tangsel. (3) Konten (Isi) dirancang dalam format visual yang menarik dengan beragam informasi publik yang relevan. (4) Clarity (Kejelasan) diterapkan dengan penggunaan bahasa sederhana dan mudah dipahami. (5) Kontinuitas & Konsistensi (Kontinuitas & Konsistensi) diterapkan dengan mengulangi pesan secara berkala pada rentang waktu 18.00-21.00 WIB setiap harinya. (6) Channel (Saluran) yang digunakan adalah Instagram dengan memanfaatkan fitur-fitur menarik yang tersedia. (7) Kapabilitas Audiens (Kapabilitas Khalayak) diterapkan berdasarkan target audiens dan keterbukaan ruang interaksi publik pada fitur direct message (DM) dan kolom komentar.

References


Atmoko, B. D. (2012). Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Media Kita.

Croombs, D. S., & Osborne, A. (2012). A Case Study of Aston Villa Football Club. Journal of Public Relations Research, 24(3), 205.

Cutlip, C. & B. (2006). Effective Public Relations (8th ed.). Kencana Prenada Media Grup.

Cutlip, C. & B. (2009). Effective Public Relations (9th ed.). Kencana Prenada Media Grup.

Farhatiningsih, L., & Irwansyah. (2018). Optimalisasi Penggunaan Instagram Dalam Praktik Kehumasan Pemerintah. Jurnal Diakom , 1(2), 7.

Graham, M. W. (2014). Government Communication in the Digital Age: Social Media’s Effect on Local Government Public Relations. Public Relations Inquiry, 3(3), 361–376.

Grunig, J. E., & Dozier, D. M. (2002). Excellent Public Relations and Effective Organizations: A Study of Communication Management in Three Countries (1st ed.). Routledge.

Jefkins, F. (2004). Public Relations. Erlangga.

Kriyantono, R. (2014). Teori-Teori Public Relations Perspektif Barat & Lokal: Aplikasi Penelitian dan Praktik. Kencana Prenada Media Grup.

Ruslan, R. (2020). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi. Rajawali Pers.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

       Vol. 1 No. 1 2023         Vol. 1 No. 2 2023 

        Vol. 2 No. 1 2024


 

Common License
Journal Publisher
Publisher Address

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Riset Komunikasi Terapan is published by Department of Communication Science, Faculty of Social and Political Science, Sultan Ageng Tirtayasa University


Jl. Raya Palka Km 3 Sindangsari, Pabuaran, Kab. Serang Provinsi Banten., Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia.

Telepon/Fax: (0254) 280330,
Email: [email protected]


View My Stats