PENGARUH TAYANGAN CLASH OF CHAMPIONS TERHADAP PERILAKU CELEBRITY WORSHIP (SURVEI KOMUNITAS CLASH OF CHAMPIONS)
Abstract
Kehadiran Clash of Champions, sebuah program game show edukatif besutan Ruang Guru, memunculkan fenomena yang menarik untuk dikaji karena tayangan ini tidak hanya menawarkan hiburan, tetapi juga membentuk persepsi serta sikap masyarakat terhadap publik figur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tayangan Clash of Champions terhadap perilaku celebrity worship di kalangan Komunitas Clash of Champions di X. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota Komunitas Clash of Champions di X, dengan teknik simple random sampling dan jumlah sampel sebanyak 400 responden. Hasil penelitian menunjukkan dalam dimensi Jumlah Waktu Mengakses Tayangan memiliki indeks 50.8%. Sementara itu, dimensi Boderline Pathological memiliki indeks sebesar 32.6%, menunjukkan bahwa bentuk kekaguman yang dirasakan oleh responden masih dalam batas wajar secara emosional. Adapun hasil koefisien determinasi adalah sebesar 0.425 menunjukkan bahwa tayangan Clash of Champions berpengaruh 42.5% terhadap perilaku celebrity worship, yang secara signifikan pengaruh tersebut hanya terasa secara menghibur, tanpa menimbulkan efek negatif.
Full Text:
37-54 PDF (Indonesian)References
APJII. (2024, Februari 7). APJII Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang. apjii.or.id. https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang
Assalamah, T. M. (2024). Strategi Viral Marketing Melalui Konten Edutainment Clash of Champions by Ruangguru. 7(3), 154–169. https://doi.org/10.1080/019722409032
Boon, S., & Lomore, C. (2001). Admirer-celebrity relationships among young adults.. Human Communication Research, 27(3), 432–465. https://doi.org/10.1111/j.1468-2958.2001.tb00788.x
Brooks, S. K. (2021). FANatics: Systematic literature review of factors associated with celebrity worship, and suggested directions for future research. Current Psychology, 40(2), 864–886. https://doi.org/10.1007/s12144-018-9978-4
Burhan, F. A. (2022, Juni 20). Disebut Hampir Jadi Unicorn, Ruangguru Gaet 38 Juta Pengguna. Katadata.co.id. https://katadata.co.id/digital/startup/62b016a34f918/disebut-hampir-jadi-unicorn-ruangguru-gaet-38-juta-pengguna#google_vignette
CNN Indonesia. (2024, Juli 2). Apa Itu Acara Clash of Champions yang Viral di Media Sosial? CNN Indonesia.me. https://cnnindonesia.me/hiburan/20240702121307-220-1116603/apa-itu-acara-clash-of-champions-yang-viral-di-media-sosial
DeFleur, M. L. ., & Ball-Rokeach, Sandra. (1982). Theories of Mass Communication. Longman.
Dewi, S. T., & Suminar, D. R. (2022). Adult Attachment Style Dan Celebrity Worship Pada Wanita Dewasa Awal Penggemar Drama Korea. Jurnal Psikologi Malahayati, 4(2). Https://Doi.Org/10.33024/Jpm.v4i2.6926
Dhia, A. T. (2022). Hubungan Antara Distress Psikologis dan Celebrity Worship pada Penggemar K-Pop Emerging Adulthood Di Indonesia: Peran Maladaptive Sebagai Mediator. FPSI UI.
Fandia, M. (2016, November 2). The Fandom for Idols – A Survey Report on Kpop Fans in Indonesia. Jakpat.net. https://blog.jakpat.net/the-fandomfor-idols-a-survey-report-on-kpop-fansin-indonesia/
Fauziah, E. (2022). Pengaruh Interaksi Parasosial Terhadap Perilaku Celebrity Worship Penggemar Nct (Nctzen) Melalui Aplikasi Bubble LYSN. Universitas Lampung.
G. N. Ayuni, & D. Fitrianah. (2019). “Penerapan Metode Regresi Linear Untuk Prediksi Penjualan Properti pada PT XYZ. Jurnal Telemat, 14(2), 79–86.
Galura, R. G. (2017). Konvergensi Media Online. Lontar: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.30656/lontar.v2i2.343
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (8 ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gilang Krismana, M., Rahayu, P., Rahman, U., & Dimala, C. P. (2023). Cognitive Flexibility Sebagai Mediator Pengaruh Loneliness Terhadap Celebrity Worship Pada Dewasa Awal Penggemar Korean Wave Di Indonesia. Psikostudia Jurnal Psikologi, 12(4), 538–545. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v12i4
GMI Research Team. (2024, Oktober 5). Youtube Statistics 2024 (Demographics, Users By Country & More). Globalmediainsight.com. https://www.globalmediainsight.com/blog/youtube-users-statistics/
Handayani, S. N. (2024, Oktober 15). Clash of Champions: Strategi Ruangguru untuk Edukasi, Entertainment dan Brand Engagement. Swa.co.id. https://swa.co.id/read/451907/clash-of-champions-strategi-ruangguru-untuk-edukasi-entertainment-dan-brand-engagement
Jia, R., Yang, Q., Liu, B., Song, H., & Wang, Z. (2023). Social Anxiety And Celebrity Worship: The Mediating Effects Of Mobile Phone Dependence And Moderating Effects Of Family Socioeconomic Status. BMC Psychology, 11(1). https://doi.org/10.1186/s40359-023-01405-x
Kemp, S. (2024, Februari 21). Digital 2024: Indonesia. Datareportal.com. https://datareportal.com/reports/digital-2024-indonesia
Kurniali, S. (2011). Peran Media Sosial di Internet Pada penerapan Proses Knowledge Management. Jurnal Comtech, 2(1), 167–174.
Levesque, R. J. R. (2011). Idols and Idolization. Dalam Encyclopedia of Adolescence (hlm. 1377–1379). Springer New York. https://doi.org/10.1007/978-1-4419-1695-2_336
Lister, M., Dovey, J., Giddings, S., Grant, I., & Kelly, K. (2009). New Media: a Critical Introduction (2 ed.). Routledge. www.newmediaintro.com
Littlejohn, S., & Foss, K. A. (2009). Encyclopedia Of Communication Theory. Sage Publication.
Liu, J. K. (2013). Idol worship, religiosity, and self-esteem among university and secondary students in Hong Kong. Discovery – SS Student E-journal, 2, 15–28.
Maltby, J., Day, L., McCutcheon, L. E., Houran, J., & Ashe, D. (2006). Extreme Celebrity Worship, Fantasy Proneness and Dissociation: Developing The Measurement And Understanding Of Celebrity Worship Within a Clinical Personality Context. Personality and Individual Differences, 40(2), 273–283. https://doi.org/10.1016/j.paid.2005.07.004
Marlin Benu, J. Y., Takalapeta, T., & Nabit, Y. (2019). Perilaku Celebrity Worship pada Remaja Perempuan. Journal of Health and Behavioral Science, 1(1), 13–25.
McCutcheon, L. E., Lange, R., & Houran, J. (2002). Conceptualization and measurement of celebrity worship. British Journal of Psychology, 93(1), 67–87. https://doi.org/10.1348/000712602162454
McQuail, D. (1993). Communication Models.
Nasrullah, R. (2015). Media Sosial; Persfektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media.
Nur Aini, E. A. (2024, Juli 7). Bikin Gamon! Tim Maxwell Tereliminasi di Episode 3 Clash of Champions, Netizen pun Galau. Harian Disway.id. https://harian.disway.id/read/799652/bikin-gamon-tim-maxwell-tereliminasi-di-episode-3-clash-of-champions-netizen-pun-galau
Nurmaulidiya, I. A. (2023). Literature Review Hubungan Celebrity Worship dengan Karakteristik Individu: Kepribadian, Usia, dan Gender. . Bkrm.
Pambudi, R. D. (2021). Equilibria Pendidikan Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi. Equilibria Pendidilan, 6(2), 57–64.
Perdana Nur, M., & Marwan, R. (2023). Pengaruh Terpaan Media Dan Kualitas Informasi Pada Akun Youtube Satu Persen Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Subscribers. Triwikrama: Jurnal Multidisiplin Ilmu Sosial, 03.
Prisilia, A. (2024, Juli 9). Profil Kevin Clash of Champions 2024, Sukses Bikin Cewek Kesengsem Karena Ganteng dan Pintar. Suara.com. https://www.suara.com/tekno/2024/07/09/132306/profil-kevin-clash-of-champions-2024-sukses-bikin-cewek-kesengsem-karena-ganteng-dan-pintar
Putri, A. F. (2018). Pentingnya Orang Dewasa Awal Menyelesaikan Tugas Perkembangannya. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 3(2), 35. https://doi.org/10.23916/08430011
Rakhmat, J., & Ibrahim, I. S. (2016). Metode Penelitian Komunikasi Dilengkapi Contoh Analisis Statistik dan Penafsirannya (Revisi). Simbiosa Rekatama Media.
Ruangguru. (2024). Tentang Ruangguru. Ruangguru.com. https://www.ruangguru.com/about-us
Setiawan, N. (2005). Statistika Nonparametrik.
Suparno, Basuki. A. (2016). Media Komunikasi: Representasi Budaya dan Kekuasaan. UNS PRESS.
The Global Statistic. (2024, Februari 25). Indonesia Social Media Statistics 2024. theglobalstatistic.com. https://www.theglobalstatistics.com/indonesia-social-media-statistics/#:~:text=Due%20to%20widespread%20internet%20access%2C%20the%20number%20of,percent%20in%202024%2C%20up%2021%20million%20from%202022.
Tifferet, S. (2020). Gender Differences in Social Support on Social Network Sites: A Meta-Analysis. Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking, 23(4), 199–209. https://doi.org/10.1089/cyber.2019.0516
Ward, P. (2020). Celebrity Worship. Routledge. https://www.routledge.
Widada, C. K. (2018). Mengambil Manfaat Media Sosial Dalam Pengembangan Layanan. Journal of Documentation and Information Science, 2(1), 23–30. https://doi.org/10.33505/jodis.v2i1.130
Widjaja, A. K., & Ali, M. M. (2015). Gambaran Celebrity Worship pada Dewasa Awal di Jakarta. Humaniora, 6(1), 21. https://doi.org/10.21512/humaniora.v6i1.3294
Wu, Y. (2018). Social Media Engagement in The Digital Age. Accountability or threats. . Newspaper Research Journal, 1–10.
Zsila, Á., McCutcheon, L. E., & Demetrovics, Z. (2018). The association of celebrity worship with problematic Internet use, maladaptive daydreaming, and desire for fame. Journal of Behavioral Addictions, 7(3), 654–664. https://doi.org/10.1556/2006.7.2018.76
Refbacks
- There are currently no refbacks.