Konsep Diri Pengemis dan Sikap Mengemis Demi Keberlangsungan Hidup

Ida Rohmawati

Abstract


Fenomena pengemis merupakan fenomena yang terus menjadi pusat perhatian di setiap daerah di Indonesia, bahkan jenis dan motif dari pengemis juga beragam. Larangan untuk mengemis telah tertuang dalam Pasal 504 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP), Buku ke-3 tentang Tindak Pidana, dan tentunya pihak Dinas Sosial telah memiliki ide atau kontribusi kepada para gelandangan dan juga pengemis, namun tidak memberikan dampak yang maksimal. Oleh karenanya dalam penelitian ini, peneliti berfokus pada konsep diri pengemis untuk keberlangsungan hidup, hal ini untuk mengetahui keseluruhan pilihan hidup sebagai seorang pengemis. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teori fenomenologi Alfred Schutz dan teori self perception sebagai teori yang relevan dalam penelitian ini. Selain itu dalam penelitian ini, peneliti menggunakan paradigma konstruktivisme dengan metode kualitatif karena memiliki kesesuaian dalam sifat dan karakteristik permasalahan dalam penelitian. Selain itu, dalam penelitian ini, peneliti berfokus pada wilayah Kecamatan Serang, kota Serang Banten. 

Kata Kunci :

Konsep Diri, Fenomenologi, Pengemis, Komunikasi Intrapersonal.


References


Ahmad, M. (2010). Strategi Keberlangsungan HIdup Gelandangan-Pengemis (Gepeng). Jurnal Penelitian, Vol. 7, No. 2, November 2010 , 7, 1-16.

Ahmadi, D. (2008). Interaksi Simbolik: Suatu Pengantar. Mediator, Vol. 9 No.2 Desember 2008 , 301-315.

Aldira, N. P. (2020). Motif Penggunaan Fitur Stories Highlight Instagram sebagai Memori Media bagi Generasi Milenial. Avant Grade, Vol. 08 No. 02 , 149-164.

Alfansyur, A., & Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data: Penerapan Triangulasi Teknik, Sumber, dan Waktu pada Penelitian Pendidikan Sosial. HISTORIS: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah , 5 (2), 146-150.

Andriawati, S. (2012, 4 5). Hubungan Konsep Diri dengan Kecemasan Narapidana Menghadapi Masa Depan di Lembaga Pemasyarakatan Wanita Malang . Skripsi , pp. 1-91.

Asih, I. D. (2005). Fenomenologi Husserl : "Kembali ke Fenomena". Jurnal Keperawatan Indonesia, Volume 9, No.2, September 2005 , 9, 75-80.

Berger , P., & Luckmann, T. (1966). The social construction of reality: A treatise in the sociology of knowledge. (H. Basari, Trans.) Jakarta: LP3ES.

Budiarko, A. A. (2021, 6 12). Fenomenologi Mahasiswa Sebagai Entrepeneur di Kota Pekanbaru (Teori Fenomenologi Alferd Scutz). Skripsi , pp. 1-73.

Burns, R. B. (1993). Konsep Diri . (Eddy, Trans.) Jakarta: Arcan.

Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. UIN Sunan Gunung Djati. Bandung: Pre-print Digital Library.

Dharma, F. A. (2018 ). Kontruksi Realitas Sosial: Pemikiran Peter L. Berger Tentang Kenyataan Sosial. Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 07 September 2018 , 1-9.

Dinda Wahyu Pertamasari, L. P. (2021). Proses Komunikasi Intrapersonal Remaja dalam Mendengarkan Lagu Korea. e-Proceeding of Management : Vol.8, No.5 Oktober 2021 , 8, 7306-7313.

Hadi, A., & Dkk. (2021). Penelitian Kualitatif: studi fenomenologi (case study, grounded theory, etnografi, biografi). Jawa Tengah: Cv. Pena Persada.

Hafiar, H., & Nurtyasrini, S. (2016). Pengalaman Komunikasi Pemulung Tentang Pemeliharaan Kesehatan Diri dan Lingkungan di TPA Bantar Gebang. Jurnal Kajian Komunikasi, Vol. 4 No. 2 , 119-228.

Hasbiansyah, O. (2018). Pendekatan Fenomenologi : Pengantar Praktik Penelitian dalam Ilmu Sosial dan Komunikasi. Jurnal Diakom, Vol. 1 No. 2, Desember 2018 , 1, 163-180.

Hendri. (2019). Peran Pola Asuh Orangtua terhadap Pembentukan Konsep Diri Pada Anak . Jurnal At-Taujih Bimbingan dan Konseling Islam , 56-71.

Hidayat , D. (2003). Paradigma dan Metode Penelitian Sosial Empirik Klasik. Jakarta: Departemen Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Indonesia.

Karman, K. (2015). Konstruksi Realitas Sosial Sebagai Gerakan Pemikiran (Sebuah Telaah Teoretis terhadap

Konstruksi Realitas Peter L. Berger). Jurnal Penelitian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika , 11-23.

KBBI. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Retrieved 11 Desember, 2022, from https://kbbi.web.id/: https://kbbi.web.id/emis

Kholil, S. (2005). Komunikasi Dalam Prespektif Islam, Antologi Kajian Islam . Bandung: Cita Pustaka Media.

Kiling, B. N., & Kiling, I. Y. (2015). Tinjauan Konsep Diri dan Dimensinya Pada Anak Dalam Masa Kanak-Kanak Akhir. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling Vol. 1 No. 2 Desember 2015 , 1, 116-124.

Kriyantono, R. (2016). Teknis Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Kurniawan, Puspitanigtyas, Z., & Widhi, A. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pandira.

Kuswarno, E. (2009). Fenomenologi Metode Penelitian Komunikasi: Konsepsi, Pedoman, dan Contoh Penelitiannya. Bandung: Widya Padjadjaran.

Kuswarno, E. (2006). Tradisi Fenomenologi pada Penelitian Komunikasi Kualitatif: Sebuah Pengalaman Akademis. Mediator, Vol. 7, No.1, Juni 2006 , 7, 47-58.

Lailiyah, A., & Affandi, M. (2015). Pengajian Virtual (Studi Tetang Motif Sebab dan Tujuan Ngaji dalam Dunia Virtual Bagi ODOJers di Komunitas One Day One Juz). Paradigma, Vol. 3 No. 3 , 1-8.

Lengkong, V., Nelwan, O., Poluan, A., Sendow, G., & Tewal, B. (2021). Keadilan dalam Organisasi. Manado: Unsrat Press.

Luthfi, M. (2017, April 12). Motif Tindakan Pelaku Pencurian Kendaraan Bermotor: Studi Terhadap Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan Klas I Cipinang (Perspektif Teori Fenomenologi Alferd Schutz). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah , pp. 1-60.

Maharani, L., & Ningsih, T. (2015). Layanan Konseling Kelompok Tekhnik Assertive Training Dalam. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling , 25-28.

Mahardita, A., & Harti. (2013). Pengaruh Persepsi Diri Terhadap Kemampuan Bernegosiasi Dalam Matakuliah Salesmanship Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga .

Marsela, R. D., & Supriatna, M. (2019). Kontrol Diri : Definisi dan Faktor. Journal of Innovative Counseling : Theory, Practice & Research Vol.3, No.2, Agustus 2019 , 3, 65-69.

Mudjiyanto, B., & Zellatifanny, C. M. (2018). Tipe Penelitian Deskriptif Dalam Ilmu Komunikasi. Jurnal Diakom, Vol. 1 No. 2, Desember 2018 , 1, 83-90.

Mulyana, D. (2005). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Mulyana, D. (2003). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muslim. (2016). Varian-Varian Paradigma, Pendekatan, Metode, dan Jenis Penelitian dalam Ilmu Komunikasi. Wahana , 1 (10).

Najmuddin, u. (2013, 4 22). Konsep Diri Mantan Penderita Kusta Melalui Di Kota Makassar . Tesis , pp. 1-132.

Nindito, S. (2005). Fenomenologi Alfred Schutz: Studi tentang Konstruksi Makna dan Realitas dalam Ilmu Sosial. Ilmu Komunikasi Vol. 2, No. 1, Juni 2005 , 2, 79-94.

Novilita, H., & Suharnan. (2013). Konsep Diri Adversity Quotient dan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Psikologi Vol. 8 No.1 April 2013 , 8, 619-632.

Nugrahani , F., & Hum, M. (2014). Metode penelitian kualitatif. Solo: Cakra Books.

Nurtyasrini, S., & Hafiar, H. (2016). Pengalaman Komunikasi Pemulung Tentang Pemeliharaan Kesehatan Diri dan Lingkungan di TPA Bantar Gebang. Jurnal Kajian Komunikasi , 4 (2).

Pardede, Y. O. (2008). Konsep Diri Anak Jalanan Usia Remaja. Jurnal Psikologi Volume 1, No. 2, Juni 2008 , 1, 146-151.

Pertamasari, D., & Supratman, L. (2021). Proses Komunikasi Intrapersonal Remaja dalam Mendengarkan Lagu Korea. e-Proceeding of Management : Vol.8, No.5 Oktober 2021 , 8, 7306-7313.

Pratiwi, I. W., & Handayani, P. A. (2020). Konsep Diri Remaja yang Berasal dari Keluarga Broken. Jurnal Psikologi dan Pengembangan SDM (Online) , 9 (1).

Provinsi Banten dalam Angka 2019 , 1,613 (Badan Pusat Statistik Provinsi Banten 8 2019).

Provinsi Banten Dalam Angka 2019, 1102001.36 (Badan Pusat Statistik Provinsi Banten 8 2019).

Provinsi Banten dalam Angka 2020, 1102001.36 (Badan Pusat Statistik Provinsi Banten 2019 4 2020).

Provinsi Banten Dalam Angka 2021, 1102001.36 (Badan Pusat Statistik Provinsi Banten 2 2021).

Provinsi Banten Dalam Angka 2022, 1102001.36 (Badan Pusat Statistik Provinsi Banten 2 2022).

Rahmania. (2019). Komunikasi Intrapersonal dalam Komunikasi Islam. Junal Peurari Vol 2, No. 1 Tahun 2019 , 2, 77-90.

Rakhmat, J. (2005). Psikologi Komunikasi. Bandung.: Rosdakarya.

Respati, W., Yulianto, A., & Widianto, N. (2006). Perbedaan Konsep Diri Antara Remaja Akhir Yang Mempersepsi Pola Asuh Orang Tua Authoritarian, Permissive, dan Authoritative. Jurnal Psikologi , 4 (2).

Sapril. (2011). Komunikasi Interpersonal Pustakawan . Jurnal Iqra, No.1 Vol. 5, 2011: , 6-11.

Saripudin, A. (2017, 4 20). Managemen Rehabilitasi Sosial Pengemis di Kota Serang . Skripsi , pp. 1-125.

Siregar, N. S. (2011). Kajian Tentang Interaksionisme Simbolik . Jurnal Ilmu Sosial-Fakultas ISIPOL UMA Vol. 4 No. 2 Oktober 2011 , 100-110.

Sobur, A. (2014). Filsafat Komunikasi Tradisi dan Metode Fenomenologi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Soemantri, G. R. (2005). Memahami Metode Kualitatif. Makara, Sosial Humaiora, VOL. 9, NO. 2, Desember 2005 , 9, 57-65.

Sugiarti, & Dkk. (2020). Desain Penelitian Kualitatif Sastra. Malang: UMM Press.

Sugiono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharnan, H. N. (2013). Konsep Diri Adversity Quotient dan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Psikologi Vol. 8 No. 1 April 2013 , 8, 619-632.

Sunaryo. (2002). Psikologi Untuk Keperawatan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Supratman, D. W. (2021). Proses Komunikasi Intrapersonal Remaja dalam Mendengarkan Lagu Korea. e-Proceeding of Management : Vol.8, No.5 Oktober 2021 , 8, 7306-7313.

Supriatna, M., & Marsela, R. D. (2019). Kontrol Diri : Definisi dan Faktor. Journal Of Innovatie Counseling : Theory, Practice & Research Vol. 3 No. 2 Agustus 2019 , 3, 65-67.

Suyitno. (2018). Metode Penelitian Kualitatif: Konsep, Prinsip, dan Operasionalnya. Tulungagung: Akademia Pusataka.

Suzanna. (2018). Pengalaman Perubahan Konsep Diri Pada Anak Jalanan Di Panti Sosial Rehabilitasi Gelandangan, Pengemis, Dan Terlantar Di Sumatera Selatan Tahun 2016. Jurnal Keperawatan Sriwijaya, Vol. 5, No. 1, Januari 2018, , 5, 40-57.

Uchjana, E. O. (1993). Ilmu, Teori & Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Uno, H. B. (2020, April 14). Paradigma Penelitian. Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Ilmiah Menuju Anak Merdeka Belajar , pp. 1-11.

Walgito, B. (1989). Pengantar Psikologi Umum. Surabaya: Bina Ilmu.

Yazid, T., & Ridwan. (2017). Proses Persepsi Diri Mahasiswi dalam Berbusana Musim. Jurnal Pemikiran Islam, Vol. 41 No. 2 , 193-201.

Zellatifannya, C., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe Penelitian Deskripsi dalam Ilmu Komunikasi. Diakom: Jurnal Media dan Komunikasi , 1 (2), 83-90


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

       Vol. 1 No. 1 2023         Vol. 1 No. 2 2023 

        Vol. 2 No. 1 2024


 

Common License
Journal Publisher
Publisher Address

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Riset Komunikasi Terapan is published by Department of Communication Science, Faculty of Social and Political Science, Sultan Ageng Tirtayasa University


Jl. Raya Palka Km 3 Sindangsari, Pabuaran, Kab. Serang Provinsi Banten., Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia.

Telepon/Fax: (0254) 280330,
Email: [email protected]


View My Stats