STRATEGI PEMASARAN DIGITAL PT. CANDA TAWA INDONESIA BERSINERGI MELALUI PLATFORM WEBSITE
Abstract
Dalam beberapa dekade terakhir, pariwisata telah menjadi sumber pendapatan utama bagi banyak negara, menciptakan lapangan kerja baru, menghidupkan kembali daerah-daerah terpencil, dan memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi. Dalam penelitian ini, strategi digital marketing yang diterapkan oleh PT Canda Tawa Indonesia Bersinergi berhasil membuat PT Canda Tawa Indonesia Bersinergi bertahan di tengah kondisi persaingan bisnis perusahaan travel hingga mampu memulihkan keadaan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi digital marketing dalam pemasaran program pariwisata PT Canda Tawa Indonesia Bersinergi di era digital. Penelitian ini mengkaji bagaimana perencanaan, implemetasi dan evaluasi strategi digital marketing PT Canda Tawa Indonesia Bersinergi dan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa perencanaan strategi digital marketing, implementasi digital marketing dan evaluasi digital marketing dalam pemasaran program pariwisata PT Canda Tawa Indonesia Bersinergi, mampu menciptakan relevansi pada hasil pemasaran yang diharapkan oleh perusahaan. Relevansi tersebut berwujud repeat order, word of mouth marketing, serta penciptaan portofolio yang baik untuk perusahaan.
Kata Kunci:
Digital Marketing, Era Digital, Website
Full Text:
114-129 PDF (Indonesian)References
Adisaputro, G. (2019). Manajemen Pemasaran: Analisis Untuk Perancangan Strategi Pemasaran. STIM YKPN.
Assauri, S. (2015). Manajemen Pemasaran. PT Raja Grafindo Persada.
Keller, P. K. (2016). Marketing Management. Pearson Pretice Hall.
Kotler, P., & Kevin Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Erlangga.
Nuiata. (2014). Paket Wisata. Alfabeta.
Rangkuti, F. (2018). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Renstra Kemenparkraf. (2023). Rencana Strategis Perubahan Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif dan Badan Pariwisata & Ekonomi Kreatif. .
Sulaksono, J. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.29407/gj.v4i1.13906
Susanto, B., Hadianto, A., Chariri, F. N., Rochman, M., Syaukani, M. M., & Daniswara, A. A. (2020). Penggunaan Digital Marketing untuk Memperluas Pasar dan Meningkatkan Daya Saing UMKM. Community Empowerment, 6(1), 42–47. https://doi.org/10.31603/ce.4244
Tjiptono, F. (2017). Strategi Pemasaran. (4th ed.). Penerbit Andi.
Yoeti, O. A. (1996). Pengantar Ilmu Pariwisata. Angkasa.
Zakiyah, R. Z., & Islam, M. A. (2022). USER INTERFACE WEBSITE SEBAGAI MEDIA PROMOSI VILOVY DESIGN . BARIK, 3(3), 174–185. https://doi.org/10.26740/jdkv.v3i3.48070
Refbacks
- There are currently no refbacks.