PERSONAL BRANDING SELEBGRAM KOMEDIAN MAULANA IRSAN DI INSTAGRAM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi tentang personal branding Maulana Irsan sebagai selebgram komedi Pandeglang di media sosial Instagram. Instagram saat ini merupakan media sosial yang digunakan secara personal untuk mengekspresikan diri dan menjadi media untuk melakukan personal branding. Dimana Maulana Irsan menjadikan Instagram sebagai sarana untuk menyalurkan kretaifitasnya. Dalam membangun personal branding di Instagram Maulana Irsan selalu memberikan konten positif dan menjaga kepercaya yang diberikan oleh audiensnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, didukung oleh Teori Dramaturgi Erving Goffman dan konsep personal branding Montoya & Vandehey. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Maulana Irsan secara sadar membentuk personal branding melalui kombinasi konsistensi konten, ciri khas gaya, serta pengelolaan kesan yang stabil. Maulana Irsan membangun branding sebagai sosok yang jenaka, ramah dan dekat dengan pengikutnya. Analisis dramaturgi memperlihatkan keseimbangan antara panggung depan (konten yang ditampilkan) dan panggung belakang (kehidupan pribadi). Sementara itu, delapan konsep personal branding memperlihatkan bahwa branding yang dibangun tidak bersifat instan, namun melalui strategi yang terencana dan berkelanjutan.
Kata Kunci:
Personal Branding, Dramaturgi, Panggung Depan, Panggung Belakang, Maulana Irsan.
Full Text:
144-159 PDF (Indonesian)References
Aliansyah, M. R., & Ali, D. S. F. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Media Instagram (Studi Kasus Forever Young Crew). E-Proceeding of Management, 4(3).
Aufiya, K. Zalfa. (2023). Pengaruh Konten Kartun Pada Akun Instagram @jokowi Terhadap Citra Jokowi. Jurnal Ilmu Komunikasi. [Skripsi]. LSPR Communication and Business Institute.
Chandra Kusuma, D. N. S., & Oktavianti, R. (2020). Penggunaan Aplikasi Media Sosial Berbasis Audio Visual dalam Membentuk Konsep Diri (Studi Kasus Aplikasi Tiktok). Koneksi, 4(2), 372. https://doi.org/10.24912/kn.v4i2.8214
Fadly, M. A. (2016). Realitas Panggung Depan Panggung Belakang Pedagang Dari Komunitas Baduy Luar [Skripsi]. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Febylania, A., Nursanti, S., & Lubis, F. M. (2022). Media Sosial Instagram Sebagai Tempat untuk Personal Branding Seorang Selebgram. .
Fernando, J. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Instagram dalam membentuk Personal Branding Generasi Milenial. KOMUNIKA, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.22236/komunika.v9i1.7892
Fitri, A. (2015). Dramaturgi: Pencitraan Prabowo Subianto Di Media Sosial Twitter Menjelang Pemilihan Presiden 2014. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 101–108. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/interaksi.4.1.101-108
Graciyal, D. G., & Viswam, D. (2021). Social Media and Emotional Well-being: Pursuit of Happiness or Pleasure. Asia Pacific Media Educator, 31(1), 99–115. https://doi.org/10.1177/1326365X211003737
Heikkurinen, A. (2016). Personal branding practices of adolescents on Instagram. LUT University.
Hidayah, R. (2021). Students’ Self-Adjustment, Self-Control, and Morality. Journal of Social Studies Education Research, 12(1).
Idris, M. (2022, August 25). Apa Itu Influencer: Pengertian, Jenis, dan Cara Kerjanya. Kompas.Com. https://money.kompas.com/read/2022/08/25/152429226/apa-itu-influencer-pengertian-jenis-dan-cara-kerjanya
Mulyana, D. (2003). Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma baru ilmu komunikasi dan ilmu sosial lainnya. PT Remaja Rosdakarya.
Purbohastuti, A. W. (2017). Efektivitas Media Sosial Sebagai Media Promosi. Tirtayasa Ekonomika, 12(2), 212. https://doi.org/10.35448/jte.v12i2.4456
Raihan, M., Nasution, M. I. F., & Sundari, S. S. A. (2023). Pengembangan UMKM Melalui Media Sosial. JUEB: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(1), 27–34.
Restusari, F. N., & Farida, N. (2019). Instagram Sebagai Alat Personal Branding Dalam Membentuk Citra Diri (Studi Pada Akun Bara Pattiradjawane). Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 176–186. https://doi.org/10.35760/mkm.2019.v3i2.2340
Sutoyo, M. D. (2020). Penerapan Personal Branding Berliana Anggit Tirtanta Sebagai Selebgram Beauty Yogyakarta di Media Sosial Instagram.
Trimilda, S. A., & Febri, A. P. Y. (2023). Memahami Pengalaman BodyShaming Pada Selebriti Instagram (Studi Fenomenologi Selebriti Agiskakhansa). Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(4).
Yusti, M. S. A., & Kusmiyanti, K. (2022). Hubungan Konsep Diri Dengan Kepercayaan Diri Pada Anak Didik Pemasyarakatan Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Lpka Klas I Palembang . Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial.
Yusuf, R. N., Musyadad, V. F., Iskandar, Y. Z., & Widiawati, D. (2021). Implikasi Asumsi Konsep Diri Dalam Pembelajaran Orang Dewasa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1144–1151. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.513
Zacharopoulos, E., & Rigou, M. (2021). Measuring personal branding in social media: a tool for visualizing influence. 2021 International Conference on Electrical, Computer and Energy Technologies (ICECET), 1–6. https://doi.org/10.1109/ICECET52533.2021.9698481
Refbacks
- There are currently no refbacks.