EFEKTIVITAS PENERAPAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MODEL ASSURE DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS KARYA ILMIAH
Tatu Hilaliyah, Erwin Salpa Riansi, Desma Yuliadi Saputra
Abstract
Revolusi Industri 4.0 menjadi tantangan bagi akademisi dan praktisi di bidang pendidikan. Kemajuan teknologi belum berimbang dengan kemampuan tenaga pengajar untuk berinovasi dalam menyusun media pembelajaran. Media pembelajaran yang tidak bervariasi menyebabkan siswa tidak dapat menyerap materi selama proses pembelajaran, terlebih pembelajaran karya tulis ilmiah. Waktu pembelajaran di sekolah yang relatif singkat, siswa dituntut untuk memadukan informasi dan kemampuan berpikir kritis untuk menanggapi fenomena di sekitarnya. Berdasarkan hal tersebut, multimedia interaktif model ASSURE (Analyze, State, Select, Utilize, Require, dan Evaluate) sangat relevan mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini menggunakan metode research and development yang menghasilkan produk berupa software dan website.
Keywords
Multimedia Interaktif; ASSURE; Menulis Karya Ilmiah.