PEMANFAATAN GAMIFICATION KAHOOT.IT SEBAGAI ENRICHMENT KEMAMPUAN BERFIKIR HISTORIS MAHASISWA PADA MATA KULIAH SEJARAH KOLONIALISME INDONESIA

Rikza Fauzan

Abstract


Abstrak

Latar belakang penelitian ini adalah kelemahan pendidik sejarah yang tidak memaksimalkan kreativitas dan inovasi mereka untuk memanfaatkan teknologi internet, khususnya aplikasi E-Learning sebagai media pembelajaran sejarah di kelas. Tujuan dari makalah ini adalah untuk menggambarkan penggunaan aplikasi kahoot.it dalam pembelajaran sejarah dan keuntungan dari sistem manajemen pembelajaran berbasis sekolah (Learning Management System) dalam pembelajaran sejarah. Keberadaan media pembelajaran ini diharapkan menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan kemampuan berfikir historis mahasiswa dan dapat mengikis kesan pembelajaran sejarah yang kaku, monoton, tidak menarik, dan sebagainya. Hal yang dapat dilakukan dalam penggunaan media pembelajaran kahoot.it merupakan sarana evaluasi Online sebagai pengayaan (enrichment) di kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan tujuan memperoleh gambaran pemanfaatan media kahoot.it di kelas. Penggunaan media pembelajaran ini tidak hanya terfokus pada metode pembelajaran tertentu, tetapi dapat dikombinasikan dengan metode pembelajaran apa pun yang disesuaikan dengan karakteristik siswa.

Kata kunci: Kahoot.it, Pembelajaran Sejarah, Berfikir Historis


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP