Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Berbantuan Video Berbasis Kontekstual

Indri Yani Sofyan, Yani Setiani, Isna Rafianti

Sari


INDRIYANI SOFYAN (2225160092). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Berbantuan Video Berbasis Kontekstual. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa 2020.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kitis matematis siswa SMP. Sehingga perlunya model pembelajaran yang dapat mendukung untuk meningkatkan kemampuan tersebut. Salah satu cara yang diyakini berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa yaitu dengan menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Berbantuan Video Berbasis Kontekstual. Bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Berbantuan Video Berbasis Kontekstual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi-ekperimental dengan jenis desain nonequivalent control grup design. Populasi penelitian kelas VIII SMP Negeri 5 Cibadak tahun ajaran 2019/2020 dengan sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yakni kelas VIII.A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.B sebagai kelas kontrol masing-masing kelas berjumlah 26 siswa. Instrumen yang digunakan berupa instrumen tes kemampuan berpikir kritis matematis. Hasil yang didapat pada penelitian ini adalah pencapaian dan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis pada kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v2i2.11668

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika