Konstruksi Konsep Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel Bagi Siswa SMA Berdasarkan Teori APOS

Syela Rizki Amelia, Syamsuri Syamsuri, Cecep Anwar Hadi Firdos Santosa

Sari


Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menggambarkan konstruksi konsep sistem persamaan linier tiga variabel bagi siswa SMA berdasarkan Teori APOS. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah APOS Research Cycle. Subjek penelitian ini adalah seorang siswa kelas XI yang telah mendapatkan materi sistem persamaan linier tiga variabel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes tertulis dan wawancara semi terstruktur. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dengan 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Subjek S mengalami mekanisme mental interiorization yaitu tahap action menuju tahap process belum sempurna, mekanisme encapsulation yaitu tahap process menuju tahap object sudah sempurna, mekanisme mental de-encapsulation yaitu tahap object menuju tahap process belum sempurna, mekanisme mental assimilation yaitu tahap object dengan adanya schema baru yaitu schema operasi aljabar belum sempurna, dan mekanisme mental coordination yaitu tahap object menuju tahap object sudah sempurna.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Af-idah, N. Z., & Suhendar, U. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan teori apos saat diterapkan program belajar dari rumah. Jurnal Edupedia Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 4(2), 103–112.

Arnon, I., Cottrill, J., Dubinsky, E., Oktaç, A., Fuentes, S. R., Trigueros, M., & Weller, K. (2014). APOS Theory : A Framework for Research and Curriculum Development in Mathematics Education. In American Catholic Philosophical Quarterly. Springer. https://doi.org/10.5840/acpq199771338

García-Martínez, I., & Parraguez, M. (2017). The basis step in the construction of the principle of mathematical induction based on APOS theory. Journal of Mathematical Behavior, 46, 128–143. https://doi.org/10.1016/j.jmathb.2017.04.001

Kadafuk, F. F., Djong, K. D., & Uskono, I. V. (2020). Kemampuan pemahaman konsep pada materi sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan teori APOS bagi siswa SMP. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 127–135.

Karim, A. (2011). Penerapan metode penemuan terbimbing dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Seminar Nasional Matematika Dan Terapan, 29–38.

Kuswanti, Y., Sudirman, & Nusantara, T. (2018). Deskripsi kesalahan siswa pada penyelesaian masalah sistem persamaan linear tiga variabel (spltv). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(7), 865–872.

Mulyono. (2011). Teori APOS dan implementasinya dalam pembelajaran. JMEE, 1(1), 37–45. https://doi.org/10.20961/jmme.v1i1.9924

Ni’mah, R., Sunismi, & Fathani, A. H. (2018). Kesalahan konstruksi konsep matematika dan scaffolding-nya. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 162–171.

Parraguez, M., & Oktaç, A. (2010). Construction of the vector space concept from the viewpoint of APOS theory. Linear Algebra and Its Applications, 432(8), 2112–2124. https://doi.org/10.1016/j.laa.2009.06.034

Soedjadi. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia Konstansi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.

Stake, R. (2010). Investigación con estudio de casos. Morata.

Suliswanto, D., Juniati, D., & Wijayanti, P. (2020). Profil pemahaman konsep siswa pada materi sistem persamaan linier tiga variabel ditinjau dari gaya kognitif. Jurnal Didaktik Matematika, 7(2), 156–170. https://doi.org/10.24815/jdm.v7i2.17341

Supartinah, A., & Hidayat, W. (2021). Identifikasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan materi sistem persamaan linear tiga variabel. Prisma, 10(1), 54–65.

Syaiful. (2013). Memanfaatkan Teori Untuk Peningkatkan Kebermaknaan Kita Terhadap Pengembangan Berpikir Siswa. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung.

Virdanismaya, A. S. (2019). Pemahaman Konsep Matematis Siswa Berdasarkan Teori APOS (Action, Process, Object, Scheme) pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII-G SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.

Winata, R., & Friantini, R. N. (2020). Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa ditinjau dari minat belajar dan gender. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 6(1), 1–18. https://doi.org/10.30595/alphamath.v6i1.7385




DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v2i1.11701

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika