Analisis Kemampuan Penalaran Matematis pada Materi Turunan Fungsi Aljabar Berdasarkan Gaya Kognitif Siswa

Alya Amalia, Maman Fathurrohman, Abdul Fatah

Sari


Salah satu faktor yang mempengaruhi siswa dalam berpikir, bernalar, terutama menyelesaikan masalah diantaranya adalah gaya kognitif. Gaya Kognitif secara konsisten menentukan modus seseorang dalam memahami lingkungannya. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan penalaran siswa dalam menyelesaikan masalah berdasarkan Gaya kognitifnya. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pemilihan subjek dilakukan secara purposive sampling. Subjek penelitian terdiri dari dua siswa field dependent dan dua lainnya field independent. Teknik pengumpulan data menggunakan tes GEFT untuk mengetahui gaya kognitif siswa. Untuk mengetahui kemampuan penalaran dilakukan tes kemampuan penalaran dan wawancara. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan siswa FD dapat menginterpretasikan ide  secara verbal cukup baik,  memanipulasi matematis dan menyusun bukti cukup baik dengan mengikuti aturan baku. Namun belum mampu dalam menarik simpulan dan memeriksa kesahihan argumen karena memerlukan instruksi yang lebih jelas dan sulit memahami permasalahan dalam konteks berbeda. Sedangkan siswa FI dapat menginterpretasikan ide dan mengajukan dugaan dengan baik melalui ilustrasi gambar serta penjelasan yang detail, dapat memanipulasi matematis dan menyusun bukti cukup baik dengan membangun strukturya sendiri dan mencoba-coba, namun dalam memeriksa kesahihan argumen masih kurang.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akbar, G. A. M., Diniyah, A. N., Akbar, P., Nurjaman, A., & Bernard, M. (2018). Analisis Kemampuan Kemampuan Penalaran Dan Self Confidence Siswa Sma Dalam Materi Peluang. Journal On Education, 1(1), 14–21.

Amelia, R. (2015). Pencapaian Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP dengan menggunakan Metode Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 2(1), 98–105.

Basir, M. A. (2015). Kemampuan Penalaran Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Unissula, 3(1), 106–114.

Dinda Pratiwi, D. (2015). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pemecahan Masalah Matematika Sesuai dengan Gaya Kognitif dan Gender. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 131–141.

Eka Resti Wulan, R. E. A. (2019). Gaya Kognitif Field- Dependent dan Field Independent sebagai Jendela Profil Pemecahan Masalah Polya dari Siswa SMP. Factor M: Focus ACTion Of Research Mathematic, 1(02), 123–142. https://doi.org/10.30762/f

H. A. Witkin, C. A. Moore, D. G. and P. W. C. (1977). Field-Dependent and Field-Independent Cognitive Styles and Their Educational Implications. In Review of Educational Research (Vol. 47, pp. 1–64). https://doi.org/10.3102/00346543047001001

Hanifah, U., Juniati, D., & Siswono, T. Y. E. (2018). Students’ Spatial Performance: Cognitive Style and Sex Differences. Journal of Physics: Conference Series, 947(1), 1–7.

https://doi.org/10.1088/1742-6596/947/1/012014

Hidayat, B. R., Sugiarto, B., & Pramesti, G. (2013). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Ruang Dimensi Tiga Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Solusi, 1(1), 39–46.

Istiqomah, N. (2014). Proses Berpikir Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 144–149.

Kusumaningtyas, S. I., Juniati, D., & Lukito, A. (2017). Pemecahan Masalah Generalisasi Pola Siswa Kelas VII SMP Ditinjuau dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 76–84.

https://doi.org/10.15294/kreano.v8i1.6994

Mahmudi, A. (2016). Memberdayakan Pembelajaran Matematika untuk Mengembangkan Kompetensi Masa Depan. Prosiding Matematika dan Pendidikan Matematika. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). (2014). Six Principles for School Mathematics. (http://www.nctm.org/uploadedFiles/Math_Standards/12752_exec_pssm.pdf) diakses 12 September 2019.

Putra, A., Murti, B., & Suriyasa, P. (2013). Hubungan Gaya Kognitif dan Penalaran Verbal dengan Prestasi Belajar Mata Kuliah Anatomi II pada Mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Jurnal Magister Kedokteran Keluarga, 1(1), 92–103.

Rizta, A., Zulkardi, & Hartono, Y. (2013). Pengembangan Soal Penalaran Model TIMSS Matematika SMP. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 17(2), 230–240.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukmawati, A., & Sukadasih, L. P. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMK. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 202–210.




DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v1i3.8631

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika