Pengembangan Papan Permainan Go-KuMath 3D sebagai Media Pembelajaran Matematika

Rachmat Bayu Aji, Ria Sudiana, Aan Subhan Pamungkas

Sari


Penting bagi guru matematika dalam menyajikan latihan soal secara menarik, salah
satunya menggunakan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan papan permainan Go-KuMath 3D yang valid, praktis, dan efektif
sehingga layak digunakan untuk proses latihan soal pada materi turunan fungsi aljabar.
Media ini dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas baik secara kelompok maupun
klasikal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and
Development) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari langkah Analysis,
Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Papan permainan Go-KuMath
3D telah dinyatakan valid dari aspek ahli materi dan aspek ahli media dengan
persentase rata-rata keduanya sebesar 75% dan termasuk kategori baik. Go-KuMath 3D
telah diujicobakan kepada siswa kelas XI. Hasil dari penilaian kepraktisan sebesar
88,5% masuk kategori sangat praktis dan penilaian keefektifan sebesar 97,14% masuk
kategori sangat efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa papan permainan Go-
KuMath 3D layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v1i3.8659

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika