Efektivitas Pendekatan Kontekstual Berbasis Karakter dan Budaya Lokal Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP

Ayu Wahyuningtyas, Hepsi Nindiasari, Abdul Fatah

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan literasi matematis siswa terutama dalam menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari yang erat kaitannya dengan budaya lokal. Oleh sebab itu diperlukan suatu inovasi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa, salah satunya adalah dengan pendekatan kontekstual berbasis karakter dan budaya lokal dengan LKPD, yang memuat soal-soal latihan literasi matematis yang berbasis budaya lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan kontekstual berbasis karakter dan budaya lokal dengan LKPD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperiment dengan bentuk Nonequivalent Pretest and Posttest Control Group Design. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan VII B di SMP Negeri 1 Kragilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan literasi matematis siswa yang mendapatkan pendekatan kontekstual berbasis karakter dan budaya lokal dengan LKPD lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran ekspositori, (2) peningkatan kemampuan literasi matematis siswa yang mendapatkan pendekatan kontekstual berbasis karakter dan budaya lokal dengan LKPD lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran ekspositori, dan (3) siswa memberikan respon yang positif terhadap pelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual berbasis karakter dan budaya lokal dengan LKPD.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v1i2.9141

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika