DAMPAK PEMBELAJARAN KETERAMPILAN FUNGSIONAL TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN KEWIRAUSAHAAN WARGA BELAJAR KEJAR PAKET B

Dayat Hidayat

Abstract


DAMPAK PEMBELAJARAN KETERAMPILAN FUNGSIONAL TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN KEWIRAUSAHAAN WARGA BELAJAR KEJAR PAKET B

 

Dayat Hidayat

 

Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Singaperbangsa Karawang

email : dayathidayat194@yahoo.com

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis proses, faktor pendukung dan dampak pembelajaran keterampilan fungsional dalam meningkatkan keterampilan kewirausahaan warga belajar Kejar Paket B. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, dengan unit analisis PKBM Harapan di Desa Sukamulya Kecamatan Cilamaya Kulon Kabupaten Karawang. Subyek penelitian yakni pengelola PKBM, tutor, dan warga belajar Kejar Paket B. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan model interaktif. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan diskusi dengan teman sejawat. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa : (1) pembelajaran bagi warga belajar Kejar Paket B berkaitan keterampilan fungsional pembuatan budi daya jamur sesuai dengan sumber daya lokal yang tersedia. (2) faktor pendukung pembelajaran ditunjang kemampuan tutor yang cukup memadai. Sarana dan prasarana pembelajaran yang tersedia cukup lengkap dan memadai. (3) dampak pembelajaran yang diperoleh warga belajar Kejar Paket B adalah meningkatnya pengetahuan, sikap kewirausahaan dan keterampilan fungsional budi daya dan pengolahan budi daya jamur merang. Dampak pembelajaran bagi warga belajar adalah terbukanya kesempatan untuk meningkatkan pendapatan kehidupannya.

 

                Kata Kunci : Keterampilan Fungsional, Keterampilan Kewirausahaan, Warga Belajar

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Alma, B. (2007). Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

Ancok, Dj. (2003). Modal Sosial dan Kualitas Masyarakat. pdf. 29/12/2008. 11:42AM.

Emzir. (2010). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Analisis Data. Jakarta: Raja Grasindo.

Borg and Gall. (1979). Education Research An Introduction. New York: Allyn and Bacon Inc.

Cresswell, J.W. (2013). Research Design. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Cohen, D. & Prusak, L. (2001). In Good Company. Boston. Harvard Business School Press.

Cox, E. (1995). A Truly Civil Society. ABC Books. Sydney.

Drucker, P.F. (1994). Innovation and Entrepreneurship, Practice and Principle. New York. Harper Business.

Fukuyama, F. (1995). Trust: Kebajikan Sosial dan Penciptaan Kemakmuran. Yogyakarta. Qalam.

Milles, M.B. & Huberman, A.M. (1994). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Moleong, L.J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Milan J.M. & Schumacher, S. (1997). Research In Education. New York: Addison Wesley Longman. Inc.

Nasution, S. (1992). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.

Putnam, R.D. (1993). The Prosperous Community: Social Capital and Public Life. American Prospect, 13, Spring, 35- 42. In Elinor Ostrom and T.K. Ahn. 2003. Foundation of Social Capital. Massachusetts. Edward Elgar Publishing Limited.

Sudjana, D. (2004). Pendidikan Nonformal, Wawasan, Sejarah Perkembangan, Falsafah, Teori Pendukung, Azas. Bandung: Falah Production.

_________. (2004). Strategi Pembelajaran. Bandung: Falah Production.

_________. (2004). Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipasif. Bandung: Falah Production.

Suharto, E. (2007). Modal Sosial dan Kebijakan Publik. pdf (secured). 23/6/2007. 1:49PM..

Suryana. (2007). Kewirausahaan, Pedoman Praktis Kiat Dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.

Winarto, (2004). First Step to Be An Entrepreneur. Jakarta. Elex Media Komputindo.

Zimmerer, T.W., Norman M. S. (1996). Entrepreneurship And The New Venture Formation. New Jersey. Prentice-Hall International, Inc.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v1i2.1160

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0


 

Penghitung Bendera

Statistik Pengunjung