USAHA TRANSFORMASI ANAK JALANAN KELUAR DARI POSISI ANAK JALANAN (STUDI PERILAU SOSIAL ANAK JALANAN DI PROVINSI BANTEN)

Ahmad Fauzi

Abstract


USAHA TRANSFORMASI ANAK JALANAN KELUAR DARI POSISI ANAK JALANAN

(STUDI PERILAU SOSIAL ANAK JALANAN DI PROVINSI BANTEN)

 

Ahmad Fauzi

Email: fauziyuwh@gmail.com

 

ABSTRAK

Hakikat penelitian ini yaitu pemecahan masalah keberadaan anak jalanan dalam usaha merumahkan anak jalanan melalui konsep edukatif Rumah Singgah di Provinsi Banten. Yaitu suatu proses penanganan anak jalanan yang dilakukan dengan cara menampung anak jalanan dan merumahkannya. Melalui usaha merumahkan anak jalanan melalui konsep edukatif  Rumah Singgah ini anak jalanan diberikan bimbingan, pengarahan, pelatihan dan keterampilan.

Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui dan mendapatkan data secara langsung kondisi obkektif anak jalanan serta peran dari Dinas Sosial Provinsi Banten dalam mengatasi permasalahan anak jalanan di Provinsi Banten dalam usaha merumahkan anak jalanan melalui konsep edukatif Rumah Singgah serta manfaat yang dapat dirasakan anak jalanan melalui Rumah Singgah dan untuk mengetahui sistem yang dibangun Pemerintah Provinsi Banten dalam usaha transformasi anak jalanan keluar dari posisi anak jalanan.

Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif dipilih sebagai upaya memperoleh gambaran hasil nyata mengenai usaha transformasi anak jalanan melalui studi perilaku sosial anak jalanan di Provinsi Banten. mendapatkan informasi atau data secara langsung dari latar alami yang dimilki subyek penelitian yang memiliki karakteristik yang berbeda (heterogen) dilihat dari sisi pengalaman, pengetahuan, sikap, perilaku, dan hasil yang diharapkan berupa rumusan atau gagasan yang memungkinkan aplikasinya mendapat dukungan alami dari kondisi empirik.

Hasil temuan dalam penelitian ini mengetahui kondisi objektif anak jalanan di Provinsi Banten, analisis lembaga sosial dalam menangani masalah keberadaan anak jalanan, upaya edukatif dalam merumahkan anak jalanan melalui rumah singgah, dan sistem yang dibangun oleh pemerintah Provinsi Banten dalam menangani masalah kesejahteraan sosial. dan Rekomendasi ditujukan kepada Dinas Sosial sebagai pelaksana dalam menyelesaikan permasalahan kesejahteraan sosial harus mampu mendorong keberlangsungan Rumah Singgah sebagai solusi konkrit menangani kasus keberadaan anak jalanan melalui upaya merumahkan anak jalanan di Provinsi Banten.

 

Kata kunci: anak jalanan, transformasi dan Rumah Singgah

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Adham Nasution (1983), Sosiologi, Alumni, Bandung

Aitken, S. Estrada, S.L., Jennings, J. & Aguire, L.M. (2006). Reproducing life and labor. Global processes and working children in Tijuana, mexico. Childhood: A Journal of global child research. 13 (3), 365-388.

Arikunto, Suharsini, 2007, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Bajari, Atwar, (2012) Anak Jalanan: Dinamika Komunikasi dan Perilaku Sosial Anaka menyimpang, Humaniora Bandung

Bandura, Albert, (1977). Aggression: A Social Learning Analysis, Englewood Cliffs, NJ : PrenticeHall

Ben-Arieh, A. & Frones, I. (2011). Taxonomy for child well-being indicators: A framework for the analysis of the well-being of children. Childhood. A Journal Of Global Child Research, 18 (4). Hal 460-477.

Creswell, Jhon W (2013). Research Design edisi ketiga, pustaka pelajar Yogyakarta

Desmita, (2009) Psikologi Perkembangan Remaja, Rosda Karya Bandung

Emzir, ((2012) Metodologi Penelitian Kualitatif:Analisis Data, PT RajaGrafindo Persada, Jakarta

Etling, Arlen. (1993). What is Nonformal Education? Journal of agricultural education

Gerungan (2009) Psikologi Sosial, Refika Aditama Bandung

Idi, A. (2011) Sosiologi Pendidikan: Individu, Masyarakat dan Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Idrus, M., 2007, Metodologi Penelitian (Kualitatif dan kuantitatif) , Yogyakarta: Penerbit Andi.

J. Moleong, Lexy, 2006, Metodologi penelitian kulaitatif, Bandung: PT Remaja RosdaKarya.

Juwartini.W (2005). Profil Kehidupan Anak Jalanan [Online]. Tersedia: http://www.lib.unnes.ac.id/3387cache/2005 / Juwartini.html [15 Agustus 2011].

Kamil Mustofa. (2010). Model Pendidikan dan Pelatihan (Konsep dan Aplikasi). Bandung:Alfabeta

Komaruddin Hidayat, Agama dan Transformasi sosial, Jurnal Katalis Indonesia, Volume ke 1, 2000

Kuntowijoyo (1994). Paradigma Islam Interpretasi untuk Aksi, Bandung : Mizan

Yin, Robert K. (2014). Studi Kasus : Desain dan Metode, Jakarta : Rajawali Pers

Patilima, Hamid (2013) Metode Penelitian Kualitatif, Alfabeta, Bandung

Patton, M.Q. (1987). Qualitative evaluation and research methods (3rd ed). Thousand Oaks, perspective. Adult Education Quarterly. 56. 21-36. Retrieved September 24. 2006, polity press.

Robson, C. (2005). Real world research: A resource for social scientists and practitionerresearchers.

Saputra, H. (2007). Masalah Anak Jalanan. [Online].Tersedia:http:// www.wordpress.com/2007/Sapurta.html [09 April 2007].

Santrock, Jhon W (2007) Perkembangan anak Jilid 1, PT Gelora Aksara Pertama Erlangga Jakarta.

Santoso, Slamet (2010) Teori-teori Psikologi Sosial, Refika Aditama Bandung.

Saroni, Mohammad. (2013) Pendidikan Untuk Orang Miskin, Ar-ruzz Media, yogyakarta.

Sarwono, S.Wirawan (2005) Teori Psikologi Klasik, Jakarta : Rajawali Pers

Soerjono Soekanto. (1981). Memperkenalkan sosiologi, Rajawali Press, Jakarta.

Sudjana, D. (2010) Pendidikan Nonformal: Wawasan, Sejarah Perkembangan, Filsafat & Teori Pendukung, Serta Asas, Bandung: Falah Production

Sudjana, D, (2006), Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah : untuk pendidikan nonformal dan pengembangan sumber daya manusia , Bandung: Penerbit PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta Bandung.

Taylor, E. W. (2006). Making meaning of local non-formal education: Practitioners’s

YIN, Robert K. (2014) Studi Kasus: Desain dan Metode, penerjemah: M: Djauzi Mudzakir, Rajawali Pers, Jakarta

http//www.humasprotokol.bantenprov.go.id

http//www.kemendagri.go.id/pages/profildaerah/provinsi/detail/36/ banten

http//www.liputan6.com

http//www.kompas.com

http//www.paudni.kemdikbud.go.id/dirjen-paudni

Zainal Aqib. (2008) Standart Kualifikasi Kompetensi sertifikasi Guru Kepala Sekolah Pengawas. Bandung: Yrama Widya..




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v1i1.1179

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0


 

Penghitung Bendera

Statistik Pengunjung