Pengaruh Belajar Mandiri dengan Media TBM terhadap Peningkatan Kemampuan Calistung Warga Belajar PKBM Basmala

Febrina Waras Aprista Putri Khomsun Nurhalim

Abstract


Pengaruh Belajar Mandiri dengan Media TBM

terhadap Peningkatan Kemampuan Calistung Warga Belajar

PKBM Basmala

 

Febrina Waras Aprista Putri

Khomsun Nurhalim

Alumni Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan,

Universitas Negeri Semarang

febwap@gmail.com

khomsunnurhalim@mail.unnes.ac.id

Abstrak

Pembelajaran yang hendak digunakan dalam keaksaraan atau pemberantasan buta aksara pada PKBM BASMALA menggunakan metode belajar mandiri. Dalam hal ini peneliti memberikan perlakuan terhadap warga belajar agar warga belajar diarahkan untuk memanfaatkan TBM sebagai media yang digunakan dalam belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh TBM terhadap peningkatan kemampuan calistung warga belajar di PKBM BASMALA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain One Group Pre test-Post test. Teknik pengambilan sampel menggunakan Sampel Random Sampling dengan jumlah populasi 60 warga belajar dan sampel 30 warga belajar. Pengumpulan data dengan tes. Metode analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon dan uji Gain Scores. Hasil penelitian bahwa TBM mempengaruhi kemampuan calistung dengan besar efektivitas 40% dikategorikan sedang. Hasil uji Gain Score post test > pre test dengan demikian hipotesis yang diajukkan di terima. Kesimpulan bahwa TBM berpengaruh pada peningkatan kemampuan calistung warga belajar.

Kata kunci: Belajar Mandiri; TBM; calistung; Buta Aksara.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Diptoadi, Veronica L. Nil. 1999. Reformasi Pendidikan di Indonesia Menghadapi Tantangan Abad 21. Malang: JIP (Journal of Universitas Negeri Malang). Volume 06, No. 03, http://journal.um.ac.id/index.php/jip/article/view/2333

Hake, R. 1999. Analyzing Change/Gain Scores, USA: Indiana University. Diunduh : http://scolar.google.com/scholar?hl=id&analyzing+change+gain+scores&btng=.

Mudjiman, Haris. 2008. Belajar Mandiri. Surakarta: UNS Press.

NS, Sutarno. 2003. Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: TARSITO.

Sugiyono. 2007. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: ALFABETA.

Wijayanti, Lilis. 2010. Pengaruh Kegiatan Pemberantasan Buta Aksara (PBA) terhadap Kemampuan Calistung (Membaca, Menulis, dan Berhitung) bagi Warga Belajar di Desa Jono kecamatan Tawangharjo kabupaten Grobogan. Semarang: skripsi tidak dipublikasikan.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v2i2.2953

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0


 

Penghitung Bendera

Statistik Pengunjung