PERAN KADER HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM DALAM MEMBANGUN TRADISI ILMIAH DI DALAM KAMPUS (Studi Peran Kader Himpunan Mahasiswa Islam di Universitas Negeri Makassar)

Andi Hasdiansyah

Abstract


PERAN KADER HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM DALAM MEMBANGUN

TRADISI ILMIAH DI DALAM KAMPUS

(Studi Peran Kader Himpunan Mahasiswa Islam di Universitas Negeri Makassar)

 

Andi Hasdiansyah

Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Muhammadiyah Parepare, Jl. Jend. Ahmad Yani Km. 6, Kode Pos 91113, Indonesia.

Email: ahasdiansyah@gmail.com

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Peran Kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Makassar di Universitas Negeri Makassar, (2) Model Pembangunan Tradisi Ilmiah berciri Himpunan Mahasiswa Islam. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi tidak langsung, wawancara mendalam, dan analisis dokumen kegiatan. Keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan model interaktif Miles & Hubberman meliputi; reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini terdiri 9 (sembilan) orang alumni basic training dan Intermediate Training. Hasil penelitian ini menunjukkan 3 temuan mendasar: Pertama, kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Makassar mampu membangkitkan gairah belajar mahasiswa di Universitas Negeri Makassar. Kedua, kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) melahirkan beberapa komunitas belajar di setiap fakultas yang ada di Universitas Negeri Makassar. Ketiga, kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) mampu menghidupkan dan menjaga tradisi ilmiah dengan menggencarkan diskusi terbuka di dalam kampus.

Kata Kunci: Peran Kader, Himpunan Mahasiswa Islam, Tradisi Ilmiah

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Agussalim Sitompul. 1997. Pemikiran HMI dan Relevansinya dengan Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia. Yogyakarta: Aditya Media

Bunging, B. 2012. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana

Foubert, J. D., & Grainger, L. U. (2006). Effect of involvement in clubs and organization on the psychosocial development of first-year and senior college students. Naspa Journal, 43(1), 166-182.

Ghufron, M. N., & Risnawita, R. 2010. Teori-teori psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Goldstein, I. L & Ford, J. K. (2002). Training In Organization. Canada:Vicky Knight

Huang, Y. & Chang, S. 2004. Academic and cocurricular involvement: Their relationship and best combinations for student growth. Journal of College Student Development, 45 (4), 391-406.

Miles, M.B & Huberman, A.M. 1994. Qualitative data analysis: An expanded sourcebook (2nd ed). New York: Sage Publications.

Moleong, L.J. 2007. Metodologi penelitian kualitatif (Rev. ed.). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Patton. M. Q. 2009. Metode evaluasi kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Saleh, Hasanuddin M. 1996. HMI dan Rekayasa Azas Tunggal Pancasila, Yogyakarta : Kelompok Studi Lingkaran.

Sidratahta Mukhtar, HMI dan Kekuasaan, (Jakarta: Prestasi Pustaka, 2006),

Soekanto, Soerjono. 2002, Teori Peranan, Jakarta, Bumi Aksara

Sugiyono. 2010. Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D) Bandung: Alfabeta.

Yasinta KC, Anita L, dan Jati A. 2013. “kuliah versus organisasi” Studi kasus mengenai strategi belajar pada mahasiswa yang aktif dalam organisasi mahasiswa pecinta alam universitas diponegoro [elektronik] Jurnal Psikologi Undip Vol.12 No.

Zubaeri & Sahide, A. (2011). HMI (pemikiran dan gerakan intelektual). Yogyakarta: The Phinisi Press Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v2i2.2955

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0


 

Penghitung Bendera

Statistik Pengunjung