PROSES KEWIRAUSAHAAN DI MASYARAKAT (STUDI PADA INDUSTRI RUMAH TANGGA PRODUKSI KRIPIK SINGKONG DI KELURAHAN LEDOK KECAMATAN ARGOMULYO KOTA SALATIGA)

Meilina Okky Ratnaningtyas & Utsman

Abstract


PROSES KEWIRAUSAHAAN DI MASYARAKAT

(STUDI PADA INDUSTRI RUMAH TANGGA PRODUKSI KRIPIK SINGKONG

DI KELURAHAN LEDOK KECAMATAN ARGOMULYO KOTA SALATIGA)

Oleh:

Meilina Okky Ratnaningtyas & Utsman

meilinaokky@gmail.com

utsman@mail.unnes.ac.id

 

JURUSAN PENDIDIKAN LUAR SEKOLAHFAKULTAS ILMU PENDIDIKANUNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 

 

 

ABSTRAK

 

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kondisi perekonomian yang terjadi pada masyarakat dan mendiskripsikan Proses Kewirausahaan di Masyarakat.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitian meliputi pemilik usaha, tenaga kerjanya, Staf Kelurahan Ledok Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga dan ketua RT. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Prosedur penelitiannya meliputi: persiapan, pelaksanaan, analisis, dan penulisan laporan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk mengatasi masalah pengangguran diantaranya adalah munculnya usaha-usaha industri rumah tangga, sehingga dapat menampung tenaga kerja. Dengan demikian, maka jiwa, semangat dan unsur-unsur kewirausahaan diharapkan muncul pada diri para pelaku usaha rumah tangga tersebut untuk bisa berwirausaha dengan baik dan dapat berkembang. Kesimpulannya adalah dengan kondisi pendapatan ekonomi warga Ledok Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga yang rendah maka muncullah usaha-usaha industri rumah tangga. Namun pelaku usaha ini belum mempunyai keterampilan untuk berusaha, maka dengan jiwa, semangat kewirausahaan pelaku usaha rumah tangga dapat menjalankan maka terjadi proses kewirausahaan.

 

Kata Kunci:         Kewirausahaan, Masyarakat

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Official, Cara Membuat Kripik Singkong Renyah. Artikel diakses dari internet: http://www.resepnasional.com/caramembuatkripiksingkongrenyah/ (diunduh pada tanggal 19 Maret 2016).

Suherman, Eman. 2008. Desain Pembelajaran Kewirausahaan, Bandung: Alfabeta.

Tourism, Indonesia. 2013. Proses Pembuatan Keripik Singkong Renyah dan Empuk. Artikel diakses dari internet: http://birdbody.blogspot.co.id/2013/02/proses-pembuatan-keripik-singkong.html. (diunduh pada tanggal 14 Maret 2016).

Woolfolk, Anita. 2009. Educational Psychology Active Learning Edition, terj. Helly Prajitno Soetjipto, Sri Mulyantini Soetjipto, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v3i2.4895

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0

 

Penghitung Bendera