PENDIDIKAN KARAKTER DALAM GERAKAN PRAMUKA

Hanafi Hanafi

Abstract


terkandung dalam pendidikan kepramukaan dan (2) mendeskripsikan metode penyampaian nilainilai
pendidikan karakter dalam pendidikan kepramukaan. Fokus penelitian ini adalah pendidikan
karakter dalam gerakan pramuka yang dirinci menjadi sub-subfokus (1) Nilai-nilai pendidikan
karakter apa sajakah yang terkandung dalam pendidikan kepramukaan? dan (2) Bagaimana metode
penyampaian nilai-nilai pendidikan karakter dalam pendidikan kepramukaan? Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif dengan teknik analisis isi dan kajian pustaka. Sumber data
penelitian ini adalah buku-buku yang membicarakan pendidikan karakter, Undang-Undang Gerakan
Pramuka, Anggaran Dasar Gerakan Pramuka, dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.
Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa karakter bangsa Indonesia saat ini sangat memperihatinkan,
yaitu karakternya sudah jauh dari nilai-nilai luhur yang diwariskan nenek moyang pada masa
kerajaan-kerajaan Nusantara. Hal ini jangan dibiarkan begitu saja sampai berlarut-larut karena
akan membahayakan eksistensi bangsa Indonesia. Oleh karena itu, perlu dicarikan solusi untuk
menjawab masalah tersebut. Adapun salah satu solusi nyata dan sistematis yang ditawarkan penulis
untuk menjawab masalah tersebut, khususnya di sekolah/madrasah, adalah setiap sekolah/
madrasah hendaknya mengaktifkan kegiatan ekstrakurikuler Pramuka untuk membiasakan siswa
bersikap akhlakul karimah (sikap mulia) dan berlaku ihsan (amal shalih) setiap hari.
Kata Kunci: Nilai-nilai Pendidikan Karakter, Pendidikan Kepramukaan, dan Metode kepramukaan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.