MENINGKATKAN KECERDASAN MUSIKAL MELALUI BERMAIN ALAT MUSIK ANGKLUNG (Penelitian Tindakan Pada Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina Kota Serang-Banten)

Tiya Setyawati, Alis Triena Permanasari, Tri Cahyani Endah Yuniarti

Abstract


Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui proses penerapan kegiatan bermain alat musik angklung, (2) untuk mengetahui peningkatan kecerdasan musikal anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Kota Serang Melalui bermain alat musik. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan yang menggunakan model kemmis dan MC Taggart. Subjek penelitian adalah 15 anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Kota Serang-Banten. Objek penelitian yaitu kecerdasan musikal anak. metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah 60%. Hasil penelitian menunjukan bahwa kecerdasan musikal anak  meningkat menjadi 68% dari hasil pra penelitian sebesar 26% naik di siklus I sebesar 42% dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan bermain alat musik angklung dapat meningkatkan kecerdasan musikal anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Kota Serang-Banten.

 


Keywords


Kecerdasan Musikal, Alat Musik Angklung, Anak Usia 5-6 Tahun

Full Text:

PDF

References


Adiningsih, Neni Utami. 2008. Permainan kreatif asah kecerdasan musik balita. Bandung : Karya Kita.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Hopkins, David. 2011. Panduan Guru Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kamtini. Tanjung, Husni Wardi. 2005. Bermain melalui gerak dan lagu di taman Kanak-kanak. Jakarta: DEPDIKNAS.

Kubarsah, R Ubun. 1995. Waditra Mengenal Alat-alat Kesenian Daerah Jawa Barat. Bandung: Beringin Sakti.

Latief, Mukhtar. Et al. 2013. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Lwin, May. Et al. 2008. Cara Mengembangkan Berbagai komponen Kecerdasan. Jakarta: Indeks.

Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Rineka Cipta.

Moleong, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mulyasa, E, 2013. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Musbikin, Imam. 2009. Kehebatan Musik Untuk Mengasah Kecerdasan Anak. Jogjakarta: Power Books

Musfiroh, Takdiroatun. 2005. Bermain Sambil Belajar dan Mengasah Kecredasan (Stimulasi Multiple Intellegences Anak Usia Taman Kanak-kanak ). Jakarta: Universitas Terbuka.

Musfiroh, Takdiroatun. 2008. Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Jakarta: Universitas Terbuka.

Ningsih, Murni, I. 2008. Alat Musik Tradisional Nusantara. Bandung: Pringgandani.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujiono, Yuliani Nurani. 2010. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.

Syahroni. 2008. Aplikasi Praktis Pengajaran Seni Musik. Bandung: Karsa Persada.

Trianto. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik. Jakarta: Kencana

Yaumi, M. dan Ibrahim N. 2013. Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak (Multiple Intellegences). Jakarta : Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpks.v2i1.2503

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats
  • Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright @Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. All right reserved p-ISSN 2503-4626 | e-ISSN 2528-2387