Bentuk Pertunjukan Kesenian Barongan Grup Samin Edan Kota Semarang

Dadang Dwi Septiyan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pertunjukan dari Barongan Samin Edan dan untuk mengetahui nilai yang terkandung dalam pertunjukan Barongan Samin Edan. Metode yang tersirat dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan etnokoreologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk pertunjukan Barongan Samin Edan adalah tarian khas Blora yang menirukan gerakan binatang yaitu harimau, yang dikenal juga di Indonesia sebagai macan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa gerakan dalam Barongan Samin Edan mengandung arti khusus; secara khusus mewakili dan mengilustrasikan kehidupan komunitas pertanian di Blora, Indonesia.

 


Keywords


bentuk pertunjukan, nilai seni, barongan samin edan, blora.

Full Text:

PDF

References


Jazuli, M. 1994. Telaah Teoretis Seni Tari. Semarang: IKIP Semarang Press.

______. 2001. Seni Tari. Semarang: IKIP Semarang Press.

M. Hawkins, Alma. 2003. Bergerak Menurut Kata Hati”Metode Baru dalam Menciptakan Tari”. Terjemahan I Wayan Dibia, Jakarta: Ford Foundation dan Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia.

Maran, Rafael Raga. 2001. Pengantar Sosiologi Politik Suatu Pemikiran dan Penerapan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Munandar, Utami. 2002. Kreativitas dan Keberkatan Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Murgiyanto, Sal. 1983. Koreografi. Jakarta: Proyek Pengadaan Buku Pendidikan Menengah Kejuruan.

Slamet. “Barongan Blora dalam Ritus Lamporan: Kelangsungan dan Perubahannya”. Jurnal Sosiohumaika Universitas Gadjah Mada Yogyakarta Vol. 12 No. 2 (Mei 1999): 133.

_____. Barongan Blora. Surakarta: STSI Press, 2003.

_____. “Barongan Blora dalam Kemasan Seni Wisata”. Jurnal Imaji Universitas Negeri Yogyakarta Vol. 2 No. 2 (Agustus 2004): 176-178.

_____. “Pengaruh Perkembangan Politik, Sosial, dan Ekonomi terhadap Barongan Blora (1964-2009)”. Disertasi S3 Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, 2011.

Soedarsono. 1976. Pengantar Pengetahuan Tari. Yogyakarta: ASTI.

______. 1978. Pengantar Ilmu Pengetahuan dan Komposisi Tari. Yogyakarta: Rajawali.

________. 1992. Pengantar Apresiasi Seni Tari. Jakarta: Balai Pustaka.

________. 1999. Seni Pertunjukan Indonesia dan Pariwisata. Bandung: Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia.

Sumandiyo, Hadi. 2003. Aspek-aspek Dasar Koreografi Kelompok. Yogyakarta: ELKAPHI.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpks.v3i2.4580

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.