Pembelajaran Seni Budaya dengan Model Project Based Learning (PJBL) melalui Lesson Study

Fuja Siti Fujiawati, Rian Permana, Giri Mustika Roekmana

Abstract


Abstract : Learning art and culture in schools aims to foster and develop the personality of students, nurture a sense of aesthetics, critical attitude, appreciation, and enrich the lives of students creatively. To achieve these learning objectives, effective learning design is needed so that the teacher can implement them when learning at school. One learning model that can foster student creativity is the Project Based Learning (PJBL) model. Through the project-based learning model can provide student experience in solving project-based problems as a first step in gathering and integrating new knowledge based on experience in actual activities. Therefore, the development of cultural arts learning is strongly influenced by the role of teachers in schools. Lesson Study is one of the many ways in which a teacher can improve his professionalism in learning in school. The purpose of this study is to develop cultural arts learning using Project based learning (PJBL) learning models, where students will solve project-based problems provided by the teacher using scientific methods. The method used in this research is a qualitative approach. The results showed that using the Project based learning (PJBL) learning model through lesson study can help teachers to develop a set of learning and can provide better learning.

 

Keywords: Cultural Arts, Project based Learning (PJBL), Lesson Study

 

Abstrak : Pembelajaran seni budaya di sekolah bertujuan untuk menumbuhkan dan mengembangkan kepribadian peserta didik, mengasuh rasa estetik, sikap kritis, apresiatif, dan mengayakan kehidupan peserta didik secara kreatif. Untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut dibutuhkan perancangan pembelajaran yang efektif agar dapat di implementasikan guru pada saat pembelajaran di sekolah. Salah satu model pembelajaran yang dapat menumbuhkan kreatifitas siswa adalah model Project Based Learning (PJBL). Melalui model pembelajaran berbasis proyek dapat memberikan pengalaman siswa dalam memecahkan masalah berbasis proyek sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya dalam beraktifitas secara nyata. Oleh karena itu, pengembangan pembelajaran seni budaya sangat dipengaruhi oleh peran guru di sekolah. Lesson Study adalah salah satu dari banyak cara dimana guru dapat meningkatkan profesionalisme-nya dalam pembelajaran di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan pembelajaran seni budaya dengan menggunakan model pembelajaran Project based learning (PJBL), dimana siswa akan memecahkan masalah berbasis proyek yang diberikan oleh guru dengan menggunakan metode ilmiah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Project based learning (PJBL) melalui lesson study dapat membantu guru untuk mengembangkan seperangkat pembelajaran serta dapat memberikan pembelajaran yang lebih baik.

 

Kata Kunci : Seni Budaya, Project based Learning (PJBL), Lesson Study


Keywords


Seni Budaya, Project based Learning (PJBL), Lesson Study

Full Text:

PDF

References


Catherine Lewis (2004) Does Lesson Study Have a Future in the United States?. Online sowi-online.de/journal/2004-1/lesson_lewis.htm

Fujiawati, F.S., Permana, R., Lestari, D.J., 2017. Implementasi Model Pembelajaran Seni Terpadu untuk Meningkatkan Apresiasi dan Kreativitas Seni Budaya Tradisional Daerah Banten “Teater Rakyat Ubrug”. Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni Volume 2 Nomor 1 April 2017. (Diakses Online Juni 2019 dari http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPKS/article/view/2502 ) DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpks.v2i1.2502

Lestari, D.J., Permanasari, A.T., Fujiawati, F.S., 2017. Penerapan Model Project Based learning untuk meningkatkan Kreativitas Mahasiswa dalam Mata Kuliah Komposisi Tari. Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni, Volume 2 Nomor 2 Oktober 2017. (Diakses Online pada http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPKS/article/view/2513 ) DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpks.v2i2.2513

Narawati, dkk. 2008. Pendidikan Seni dan Perubahan Sosial Budaya. Bandung: Nusa Media.

Ngalimun. 2013. Strategi Dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Presindo

Northwest Regional Education Laboratory, 2004. Overview of Lesson Study http://www.nwrel.org/msec/lessonstudy/overview.html. Diambil pada 27 Juni 2019.

Sardiman, A.M, 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Belajar. Bandung: Rossda Karya.

Shelley Friedkin. 2005. What is Lesson Study? http://www.lessonresearch.net/. Diambil pada 11 Juni 2019.

Sugiyanto. 2008. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13

The George Lucas Educational Foundation .(2005).Instructional Module Project Based Learning. Diambil pada tanggal 10 Juli 2019 dari http://www.edutopia.org/modules/PBL/whatpbl.php

Tohirin. 2012. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling – Pendekatan Praktid untuk Peneliti Pemula dan Dilengkapi dengan Contoh Transkip Hasil Wawancara Serta Model Penyajian Data. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Waras, Kamdi. 2007. Project Based Learning: Pendekatan Pembelajaran Inovatif. Semarang: UNS Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpks.v5i1.8774

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats
  • Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright @Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. All right reserved p-ISSN 2503-4626 | e-ISSN 2528-2387