PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INGGRIS BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR

Devi Fadila, Masrupi Masrupi, Yuyu Yuhana

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan peserta didik yang rendah dalam menguasai kosakata bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar bahasa Inggris berbasis lingkungan kelas satu Sekolah Dasar untuk meningkatkan penguasaan kosakata dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan metode R & D dengan metode pengembangan Four D, meliputi studi pendahuluan untuk langkah perbaikan, perencanaan, pengembangan produk awal, dan diseminasi. Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini berupa LKS bahasa Inggris berbasis lingkungan untuk kelas satu Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di SDS Rendhawa English School Cilegon dengan subjek penelitian peserta didik kelas satu yang berjumlah 24 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dengan guru dan peserta didik, serta menggunakan soal pre-test dan post-test untuk mengetahui penguasaan kosakata dan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan bahan ajar berupa LKS bahasa Inggris berbasis lingkungan, peserta didik mampu meningkatkan penguasaan kosakata derta mampu meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran bahasa Inggris.

 

Kata kunci : Bahan Ajar, Kosakata, Hasil Belajar Bahasa Inggris


Full Text:

PDF

References


Abidin.Y, 2015. Pembelajaran Multiliterasi, Bandung: Rifika Aditama.

Abiding.Y , 2017. Pembelajaran Literasi, Jakarta: BumiAksara

Justice L., M., dan Kaderavek, J. 2002. Using Shared Storybook Reading to Promote Emergent Literacy Teaching Exceptional Children, Vol 34 No. 4.

Lesley Mendel Morrow, 1993. Literacy Development in the Early Years, Second Edition. USA: Allyn and Bacon.

Mary RenckJalongo, 2007. Early Childhood Language Arts. USA: Pearson Education,Inc.

Oxford University Press, 2005. Oxford Learnes Pocked Dictionary. Cina: Oxford University Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.