Pengujian Validitas, Praktikalitas, dan Efektivitas Media E-Learning di Sekolah Menengah Kejuruan

Monica Fransisca

Abstract


Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran  berupa E-Learning pada mata pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI), di jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) SMK Muhammadiyah 1 Padang. Media E-Learning ini dirancang  untuk dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran KKPI. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R and D), dan prosedur pengembangan Four-D (Define, Design, Develop, and Disseminate. Jenis data yaitu data primer. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif yaitu dengan mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media E-Learning. Hasil yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini sebagai berikut: (1) Validitas Media E-Learning dinyatakan sangat valid pada aspek materi dan aspek media (2) Praktikalitas Media E-Learning berdasarkan respon guru dan siswa dinyatakan sangat praktis (3) Efektivitas Media E-Learning dinyatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan temuan penelitian ini disimpulkan bahwa Media E-Learning ini valid, praktis, dan efektif.


Full Text:

PDF

References


Dale, Edgar. (1946). Audio-Visual Methods in Teaching. New York: Dryden Press.

Dewy, M.S., Ganefri, G.S., Kusumaningrum, I. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Produk Pada Mata Kuliah Praktek Elektronika Daya. VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1 (1), 15-28

Eril Syahmidi. (2012). “Pengembangan Media E-Learning berbasis Video Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Kelas XI Sekolah Menengah Atas”. Tesis tidak diterbitkan. Padang: Program Pascasarjana UNP Padang.

Hamid, M.A. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Siswa Berbasis TIK pada Pembelajaran Dasar Listrik Elektronika. VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1 (1), 37-46

Hamid, M.A., Nyeneng, I.D.P., Rosidin, U. (2013). Perbandingan Penggunaan Feedback pada Lembar Jawaban Siswa Terhadap Penguasaan Konsep Fisika melalui Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1 (5).

Heinrich, Robert., James D. Russell, Michael Molenda., and E Sharon Smaldino. (2005). Instructional Technology and Media for Learning. New Jersey, Columbus, Ohio: Pearson Merrill Prentice Hall. Upper Saddle River.

Miarso, Yusuf Hadi. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana, Prenda Media.

Rusman, & Deni Kurniawan & Cepi Rivana. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sadiman, Arif S. (2008). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal VOLT is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright © Sultan Ageng Tirtayasa University (Untirta). All rights reserved. p-ISSN 2528-5688  | e-ISSN 2528-5696

web
analytics View My Stats

Flag Counter