Kontribusi Disiplin dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi

Reza Pratama, Dwi Febrianti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kontribusi disiplin dan motivasi belajar terhadap hasil belajar keterampilan komputer dan pengelolaan informasi (KKPI) siswa kelas 1 (satu) di SMK Negeri 5 Padang. Penelitiaan yang digunakan adalah penelitian deskriptif  dengan pendekatan ex-post facto. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Instrumen yang dipakai  dalam pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket (kuesioner ) kepada siswa SMK yang menjadi responden dalam penelitian ini. Berdasarkan rangkaian analisis data menunjukkan bahwa disiplin (X1) terhadap hasil belajar (Y) secara empiris memiliki kontribusi secara signifikan sebesar = 78,90% (R2). Motivasi belajar (X2) terhadap hasil belajar (Y) secara empiris memiliki pengaruh secara signifikan sebesar = 6,8% ( R2 ). Terdapat hubungan disiplin dan motivasi terhadap hasil belajar KKPI siswa kelas 1 di SMKN 5 Padang sebesar 89,6%.

Keywords


disipilin; motivasi belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (1995). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Bonate, P. L. (2000) Analysis of Pretest-Posttest Design. Boca Raton London New York Washington DC. Chapman & Hall/CRC

Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah. Standar Kompetensi Nasional.

Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan (2002) Bahan Ajar Belajar dan Pembelajaran.

Djamarah, S. B. dan Zain, A. (1996). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Hamalik, O. 2000. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algessindo.

Hamid, M. A., Nyeneng, I., & Rosidin, U. (2013). Perbandingan Penggunaan Feedback pada Lembar Jawaban Siswa Terhadap Penguasaan Konsep Fisika melalui Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung, 1(5).

Idris, Z. dan Jamal, L. (1992). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia

Maksan, M. (1993). Pedoman Menyusun Karya Tulis Ilmiah. Padang: IKIP Padang Press.

Masidjo, I. (1995). Penilaian Pencapaian Hasil Belajar Siswa di Sekolah. Yogyakarta: Kanisius

Mulyasa, E. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 23 tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah

Prayitno, E. (1989). Motivasi dalam Belajar, Jakarta: P2LPK

Purwanto, M. N. (2004). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Riduwan. (2004) Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta

Santoso, S. (2000) SPSS, Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Slameto. (1998). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara

Suciati dan Irawan, P. (2001). Teori Belajar dan Motivasi. Jakarta: PAU-PPAI, Universitas Terbuka.

Sudjana, N. (1996). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sudjana. (1996). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya

Sudjana. (2002). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/volt.v1i2.2875

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

________________________________________________________
VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro (ISSN: 2528-5688 | e-ISSN: 2528-5696)
Organized by Research Center for Technical and Vocational Education and Training (RCTVET) - Department of Electrical Engineering Vocational Education - Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Published by Department of Electrical Engineering Vocational Education - Universitas Sultan Ageng Tirtayasa in collaboration with Asosiasi Dosen dan Guru Vokasi Indonesia (ADGVI) - Association of Indonesian Vocational Educators (AIVE)
Address : Jl. Ciwaru Raya No. 25, Sempu, Kota Serang, Banten 42117, Indonesia
E   : volt.jipte@untirta.ac.id, abi.mustofa@untirta.ac.id, m.abihamid@gmail.com
Ph : +62 8566666090 / +62 81298509170

simple hit counter simple hit counter Free counters!