Development of electric motor operation trainer based smart relay as a learning media of Vocational High School

Ahmad Hidayat, Henry Ananta

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan trainer operasi motor listrik berbasis smart relay sebagai media pembelajaran dan menguji kelayakan trainer sebagai media pembelajaran. Metode penelitian ini adalah Research and Development. Berdasarkan metode tersebut, yang dilakukan adalah merencanakan dan membangun trainer smart relay, kemudian diberikan kepada sekolah untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Penelitian ini menguji kelayakan dan uji coba trainer smart relay dengan memberikan angket kepada 3 guru dan 33 siswa kelas XII. Hasil penelitian menunjukkan kelayakan trainer smart relay dari 33 siswa diperoleh dari empat indikator memperoleh skor 87,39%, 81,94%, 84,24% dan 81,09% dengan dua indikator masuk kategori “sangat layak” dan dua indikator masuk kategori “layak”. Sedangkan uji validasi oleh 3 guru diperoleh skor masing-masing indikator 95%, 91,67%, 93,33%, dan 88,89% semuanya masuk kategori “sangat layak”.


Keywords


Angket, PLC, Research and Development, Uji Kelayakan

References


Arikunto, S. (1998). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek (Edisi Revi). Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aripriharta. (2014). Smart Relay dan Aplikasinya. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hastuti, Effendi, H., & Hijriani, S. (2017). Penerapan Trainer PLC Omron Sebagai Media Pembelajaran Mata Diklat Instalasi Motor Listrik. INVOTEK, 17(1), 49–56.

Indrawati, E. M., & Nadliroh, K. (2018). Pengembangan Perangkat Project Based Learning Dengan Trainer PLC Terhadap Kreativitas dan Kemandirian. VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 3(2).

Kurniawan, D. (2014). Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktik dan Penilaian). Bandung: Alfabeta.

Lashin, M. M. (2014). Different Applications of Programmable Logic Controller (PLC). International Journal of Computer Science, Engineering and Information Technology, 4(1), 27–32. https://doi.org/10.5121/ijcseit.2014.4103

Nuwolo, A., & Kusmantoro, A. (2015). IbM Bagi Guru Listrik dan Elektronika di SMK Pelita Nusantara 2 Semarang. E-DIMAS, 6(1), 13. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v6i1.793

Prastyaningrum, I., & Handhika, J. (2017). Penggunaan Media e-Modul untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Hubungan Kuat Medan Magnetik dengan Trainer Motor Listrik. Jupiter (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 2(2), 29–32. https://doi.org/10.25273/jupiter.v2i2.1796

Saputra, A. C., Suwitno, & Hamzah, A. (2014). Rancang Bangun Perbaikan Faktor Daya Otomatis Berbasis Smart Relay Pada Jaringan Tegangan Rendah Tiga Fasa, 1(2), 1–7.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Wijaya, C. A., Handhika, J., & Kartikawati, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Pengendali Kecepatan dan Soft Starting Motor Listrik Berbasis Arduino Pada Mata Kuliah Penggunaan dan Pengaturan Motor. Jupiter (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 2(2), 15–20.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/volt.v4i1.5217

Refbacks




VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

________________________________________________________
VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro ISSN 2528-5688 (print) | ISSN 2528-5696 (online)
Published by Department of Electrical Engineering Vocational Education - Universitas Sultan Ageng Tirtayasa in collaboration with Asosiasi Dosen dan Guru Vokasi Indonesia (ADGVI) - Association of Indonesian Vocational Educators (AIVE)
Address : Jl. Ciwaru Raya No. 25, Sempu, Kota Serang, Banten 42117, Indonesia
E   : volt.jipte@untirta.ac.id, abi.mustofa@untirta.ac.id, m.abihamid@gmail.com
Ph : +62 8566666090 / +62 81298509170