Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Produk Pada Mata Kuliah Praktek Elektronika Daya

Mega Silfia Dewy, Ganefri Syarifudin Ganefri, Indrati Kusumaningrum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran berupa model pembelajaran berbasis produk pada mata kuliah praktek Elektronika Daya di jurusan Teknik Elektro Program Studi Teknik Elektro Industri  FT UNP. Model Pembelajaran Berbasis Produk dirancang untuk dapat meningkatkan hasil belajar serta kreativitas mahasiswa dalam proses pembelajaran untuk penciptaan sebuah produk dengan standar industri sehingga layak untuk dijual.  Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R and D), dan prosedur pengembangan Borg dan Gall. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif yaitu dengan mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan model pembelajaran berbasis produk. Hasil yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini sebagai berikut: (1) Validitas model pembelajaran berbasis produk dinyatakan valid pada aspek konstruk dengan nilai 0,8333, pada aspek isi dinyatakan valid dengan nilai 0,8181, pada aspek penyajian dinyatakan valid dengan nilai 0,850 dan valid pada aspek  SAP dengan nilai 0,8722. Rata-rata kevalidan menurut kelima ahli  adalah 0,8434. (2) Praktikalitas model pembelajaran berbasis produk berdasarkan respon dosen dinyatakan praktis dengan nilai  87,50% dan berdasarkan respon mahasiswa dinyatakan praktis dengan nilai 85,30% (3) Efektivitas model pembelajaran berbasis produk dinyatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Berdasarkan temuan penelitian ini disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis produk ini valid, praktis, dan efektif untuk dimanfaatkan sebagai sebuah model pembelajaran.

Keywords


Model Pembelajaran Berbasis Produk, Validitas, Praktikalitas, Efektivitas

Full Text:

PDF

References


Arends, R. I. (1997). Classroom Instruction and Management. New York: The Macgraw-Hill Companies. Inc.

Azwar, S. (2014). Reliabilitas dan validitas. Yog-yakarta: Pustaka Pelajar.

Gall, M. D., Borg, W. R., & Gall, J. P. (1996). Edu-cational research: An introduction . Longman Publishing.

Ganefri, G. (2013). The Development of Produc-tion-Based Learning Approach to En-trepreneurial Spirit for Engineering Students. Asian Social Science, 9(12). http://doi.org/10.5539/ass.v9n12p162

Joyce, B. R., Weil, M., & Calhoun, E. (2014). Mod-els of Teaching (9 edition). Boston: Pearson.

Mansur, H. R. (2009). Penilaian Hasil Belajar. Badung: Wacana Prima.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers. PT Rajagrafindo Persada.

Sugiyono, D. (2012). Metode penelitian kuanti-tatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/volt.v1i1.806

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

________________________________________________________
VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro ISSN 2528-5688 (print) | ISSN 2528-5696 (online)
Published by Department of Electrical Engineering Vocational Education - Universitas Sultan Ageng Tirtayasa in collaboration with Asosiasi Dosen dan Guru Vokasi Indonesia (ADGVI) - Association of Indonesian Vocational Educators (AIVE)
Address : Jl. Ciwaru Raya No. 25, Sempu, Kota Serang, Banten 42117, Indonesia
E   : volt.jipte@untirta.ac.id, abi.mustofa@untirta.ac.id, m.abihamid@gmail.com
Ph : +62 8566666090 / +62 81298509170