STUDI PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP ATRIBUT KERIPIK TALAS BENENG

Sri Mulyati, Nuraeni Nuraeni

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis preferensi konsumen untuk atribut keripik talas
beneng. Atribut yang digunakan adalah warna, rasa, kerenyahan dari jenis keempat keripik talas
beneng yaitu original, barbeque, jagung bakar dan balado. Metode yang digunakan adalah survey
dengan organoleptik. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data
sekunder. Analisis yang digunakan adalah Multidemensional Scalling (MDS). Berdasarkan hasil
analisis dengan menggunakan Multidimensional Scalling menunjukkan bahwa keripik talas beneng
dalam jenis asli dan jagung bakar memiliki preferensi yang tinggi dibandingkan dengan jenis lainnya.
Keripik dari talas beneng tipe asli memiliki preferensi tinggi untuk rasa dan warna atribut, sedangkan
keripik talas beneng taro jenis jagung bakar memiliki preferensi tinggi untuk atribut warna.


Keywords


preferensi konsumen, atribut, beneng talas.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33512/jat.v9i1.1115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Sri Mulyati, Nuraeni Nuraeni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office

Jurnal Agribisnis Terpadu

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jl. Raya Palka KM. 03 Sindangsari, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang,

Provinsi Banten 42163 Telp. (0254) 3204321

Email: agribisnis@untirta.ac.id