METODE PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN DI KELAS AWAL

Asep Muhyidin, Odin Rosidin, Erwin Salpariansi

Abstract


Abstrak. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh pemahaman yang mendalam mengenai metode pembelajaran membaca dan menulis permulaan bahasa Indonesia di kelas I Sekolah Dasar Negeri Serang 2 Kota Serang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode etnografi. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi berupa catatan lapangan, dan studi dokumen. Data yang telah terkumpulkan dianalisis dengan teknik analisis kualitatif. Ada dua temuan dalam penelitian ini. Pertama adalah temuan tentang metode dalam pembelajaran membaca permulaan yaitu: 1) metode bunyi; 2) metode abjad; 3) metode suku kata; dan 4) metode kata lembaga; kedua adalah temuan tentang metode dalam pembelajaran menulis permulaan yaitu: 1) metode struktural analitik sintetik (SAS), 2) metode kupas rangkai suku kata (KRSK), dan 3) metode abjad.

Kata Kunci: pembelajaran membaca dan menulis permulaan, penelitian kualitatif

 

Abstract. The objective of the research was to gain comprehensively understanding of the early reading and writing learning processes at grade I  Public Elementary School Serang 2, Serang City at Banten Province. The methods in this research is qualitative research. The data were collected through participant observation using interview, observation, and document study. The data were analyzed based on Spradley’s. There are two findings in this study. The first is the finding of methods in learning of early reading, such as: 1) sounds methods; 2) alphabet methods, 3) syllablemethods, and 4) word institution methods. Then the second is the finding of methods in learning of early writing, such as: 1) and techniques in learning early of writing, such as: 1) Structural Analytical Synthetic (SAS) method; 2) stripping the syllables methods; and 3) alphabet methods.

Keywords:  learning of early reading and writing, qualitative methods.


Full Text:

PDF

References


Arends, Richard I. 2012. Learning to Teach. New York: McGraw-Hill.

Akbar, Aulia. 2017. Membudayakan Literasi dengan Program 6M di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3 (1), 42-52.

Aulina, Choirun Nisak. 2012. Pengaruh Permainan dan Penguasaan Kosakata Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pedagogia, 1 (2), 131-143.

Dewi, Sri Utami Soraya. 2015. Pengaruh Metode Multisensori Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Kelas Awal Sekolah Dasar. Jurnal Program Studi PGMI, 3 (1), 1-13.

Halimah, Andi. 2014. Metode Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan di SD/MI. Jurnal Aladuna, 1 (2), 190-200.

Hasanudin, Cahyo. 2016. Pembelajaran Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Aplikasi Bamboo Media GM Games APPS Pintar Membaca Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Siswa SD Menghadapi MEA. Jurnal Pedagogia, 5 (1), 1-12.

Karimkhanlooei, Giti & Hadis, Seifiniya. 2015. Teaching Alphabet, Reading and Writing for Kids between 3-6 Years Old as a Second Language. Procedia: Social and Behavioral Sciences. 19 (2), 769-177.

Merriam, Sharan B. and Associates. 2002. Qualitative Research in Practice. San Francisco: Jossey Bass.

Mustikowati, Dewi. 2016. Meningkatkan Semangat Membaca dan Menulis Siswa Sekolah Dasar dengan Permainan Kata Bersambut. Jurnal Riset dan Konseptual, 1 (1), 39-42.

Rahim, Farida. 2009. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Phajane, Hellen Masello. 2014. Introducing Beginning Reading Using Phonics Approach. Mediterranean. Journal of Social Sciences, 5 (10), 477-483.

Popp, Marcia S. 2008. Teaching Languages and Literatures in Elementary Classrooms. London, Lawrence Erlbaum Associates Inc.

Purwanto, M. Ngalim dan Djeniah Alim. 1997. Metodologi Pengajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jakarta: Rosda Jayaputra.

Slamet, St. Y. 2014. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah dan Kelas Tinggi. Surakarta: UNS Press.

Spradley, James P. 2007. The Etnographic Interview. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Sundari, Erna. 2013. Pengaruh Metode Pola Permainan Suku Kata dan Kartu Kata Bergambar terhadap Kemampuan Membaca Awal Siswa. Jurnal Psikologi Terapan dan Pendidikan, 2 (2), 1-12.

Suparti. 2007. Strategi Pembelajaran Menulis di Sekolah dasar Kelas IV. Jurnal Didaktika, 2 (1), 259-271.

Sukartiningsih, Wahyu. 2004. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan di Kelas I Sekolah Dasar Melalui Media Kata Bergambar. Jurnal Pendidikan Dasar, 5 (2), 75-89.

Usmaedi. 2017. Menggagas Pembelajaran HOTS pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3 (1), 82-95.

Yarmi, Gusti. 2008. Pendekatan dan Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD. Jurnal Pendidikan Penabur, 7 (11), 9-22.

Zuchdi, Darmiyati. 1997. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Jakarta: Depdikbud.

Zulela, M.S. 2014. Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Menulis di Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar Sekolah Dasar, 1 (1), 83-91.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v4i1.2464

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Lisensi Creative Commons

JPSd is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

JPSd, Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. Journal is published by Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (print) and Jurnal Untirta (eprint).

Publisher Address: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang Banten, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon/Fax: (0254) 280330 Ext 111, Email: jpsd@untirta.ac.id.