PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GAMBAR FOTOGRAFI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Tustiyana Windiyani, Lina Novita, Anisa Permatasari

Abstract


Abstrak Penelitian ini  bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas V  melalui penggunaan media pembelajaran gambar fotografi. Obyek penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar Negeri Semplak 2 Bogor kelas V yang terdiri dari 30 siswa, dengan komposisi 13 siswa, dan 17 siswi. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai proses pelaksanaan pembelajaran pada siklus pertama memperoleh nilai sebesar 73,5 dan pada siklus kedua meningkat menjadi 85,1. Hasil observasi sikap siswa menunjukan adanya peningkatan pada aktivitas siswa dengan memperoleh nilai pada siklus pertama 82,6 dan siklus kedua memperoleh nilai 89,3. Sementara nilai rata-rata hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial  pada siklus pertama memperoleh ketuntasan hasil belajar sebesar 63,3%,hasil belajar siklus kedua memperoleh ketuntasan hasil belajar sebesar 86,7%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran gambar fotografi  dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Semplak 2 Bogor. Selain itu penggunaan media gambar fotografi ini dapat meningkatkan keaktifan, kerjasama, dan kedisiplinan siswa dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci : Hasil Belajar IPS,  Media Gambar Fotografi.

 

 Abstract     This research is to improve the learning outcomes of Social Science subjects of class V students through the use of photographic learning media. The object of this research is the students of Public Elementary School of Semplak 2 Bogor class V consisting of 30 students, with the composition of 13 students, and 17 female students. The results showed that the value of the learning process implementation in the first cycle obtained a value of 73.5 and in the second cycle increased to 85.1. The result of student attitude observation showed an increase in student activity by obtaining the value in first cycle 82,6 and second cycle get value 89,3. While the average score of learning outcomes of Social Science subjects in the first cycle obtained a complete learning outcome of 63.3%, the second cycle learning results obtained mastery of learning outcome of 86.7%. Based on the results of research can be concluded that the use of photography learning media can improve the learning outcomes of students in grade V at State Elementary School Semplak 2 Bogor. In addition, the use of photographic images can enhance the activity, cooperation, and discipline of students in the learning process.

Keywords: Results of Social Science Learning, Photographi media 


Full Text:

PDF

References


Anggraini, Rini dan Samiha, Yulia Tri. 2016. Pengaruh Penerapan Media Gambar Fotografi Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyah Islamiyah Palembang. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI Vol. 2, No.1

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. cetakan ke-15, Hal. 25. Jakarta: Rajawalli Pers.

Barnes, Ronald E. 1979. Instructional Media and the Future. Journal of Educational Technology Systems. Sage Journals, (2), 4. 123-125.

Handayani, Nur. 2014. Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Peningkatan Prestasi Belajar. Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya Dan Sosial. An-Nuha, (1) 2. 87-97.

Hilmi. 2016. Efektivitas Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Lantanida Journal, Vol. 4, No. 2. Hal. 56-68.

Hotimah, Empit. 2010. Penggunaan Media Flashcard Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Kelas II MI Ar-Rochman Samarang Garut. Jurnal Pendidikan Universitas Garut Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut. Vol. 04; No. 01. Hal.10-18.

Istova, Mikha dan Hartati, Tatat. 2016. Pengaruh Media Film Animasi Islami untjuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak dan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. Jurnal JPSD Untirta, Vol. 2, No. 1. Hal. 72-86.

Jihad, Asep dan Haris, Abdul. 2008. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

Lawless, 1995. Development of a Measure to Assess Teacher Beliefs about Instructional Media. Educational and Pshycological Measurement. Sage Journals, (55), 5. 56-67.

Mawarni, Huber Yaspin Tandi, dan Rizal. 2014. Peranan Media Gambar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IV SDN No 2 Kalukubula. Jurnal Kreatif Tadulako, (5), 8. 11-19.

Mc. Cavvitt, William. 1976. A Study of Some Results of an Educational Media Course within a Teacher Preparation Program. Journal of Educational Technology Systems. Sage Journals, (4), 3. 23-31.

Nugraheni, Nursiwi. 2017. Penerapan Media Komik Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Refleksi Edukatika, Vol. 7, No. 2. Hal. 10-13.

Nursalim. 2013. Pembelajaran IPS SD. Bandung: Rosdakarya.

Permatasari, Nurhayati Endah. 2017. Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SD Menggunakan Model Kooperatif Tipe TGT Berbantuan Media Gambar. Jurnal JPSD Untirta, (3), 2. 96-104.

Reyna, Jorge., Hanham, Jose & Meler, Peter. 2018. A taxonomy of digital media types for Learner-Generated Digital Media assignments. Journal of Educational Technology Systems. Sage Journals, (14), 6. 75-83.

Rohini. 2010. Pengaruh Penggunaan Media gambar Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas IV SDN 02 Korleko. Jurnal Educatio, (5), 2. 75-90.

Russell & Hannon, 2016. A Cognitive Load Approach To Learner-Centered Design Of Digital Instructional Media And Supporting Accessibility Tools. Journal of Educational Technology Systems.Sage Journals. (56), 1. 78-88.

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu : Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta : Rajawali Pres.

Sukmanasa, Elly., Windiyani, Tustiyana dan Novita, Lina. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital pada Mata Pelajaran IPS bagi Siswa Kelas V SD Sekota Bogor. Jurnal JPSD. Untirta. (3), 2. 171-185.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning: Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Widianto, Eko., dan Subyantoro. 2015. Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Klasifikasi Menggunakan Metode Sq3R Dengan Media Gambar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. JPBSI. (4), 1. 112-122.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v4i1.2776

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Lisensi Creative Commons

JPSd is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

JPSd, Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. Journal is published by Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (print) and Jurnal Untirta (eprint).

Publisher Address: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang Banten, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon/Fax: (0254) 280330 Ext 111, Email: jpsd@untirta.ac.id.