Pengaruh Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Hutang Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Sub Sektor Industri Barang Konsumsi Periode 2011-2016

Titin Koesmia Wati, Sriyanto Sriyanto, Enis Khaerunnisa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kebijakan Dividen yang diproksikan dengan Dividen Payout Ratio(DPR) (X) terhadap Nilai Perusahaan yang diproksikan dengan Price Book Value (PBV) (Y) melalui Kebijkan Hutang yang diproksikan dengan Debt Equity Ratio (DER) (Z) sebagai variabel intervening.

Populasi yang digunakan yaitu pada Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2011-2016 sebanyak 38 Perusahaan. Sampel penelitian ini sebanyak 16 perusahaan dengan menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data yaitu metode kepustakaan, metode dokumentasi dan research gap. Metode analisis data yaitu uji asumsi klasik, uji path analysis, uji sobel tes dan uji t. Pengolahan data dengan SPSS 22.

Hasil persamaan yaitu Sub-Struktural 1 yaitu DER = -0,601 – 0,073 DPR + 0,996 dan persamaan Sub-Struktural 2 yaitu PBV = 2,413 + 0,622 DPR + 0,558 DER + 0,8763. Hasil penelitian ini: 1). Kebijakan Dividen (DPR) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan (PBV). 2). Kebijakan Hutang (DER) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan (PBV). 3). Kebijakan Dividen (DPR) tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap Kebijakan Hutang (DER). 4). Kebijakan  Hutang (DER)  tidak mampu memediasi Kebijakan Dividen (DPR) terhadap Nilai Perusahaan (PBV).


Keywords


Kebijakan Dividen (DPR), Nilai Perusahaan (PBV), Kebijakan Hutang (DER)

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.35448/jmb.v11i1.4319

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 SAINS : Jurnal Manajemen dan Bisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © 2018 Sains: Jurnal Manajemen dan Bisnis. All rights reserved.