Rancangan Perbaikan Pelayanan Puskesmas dengan Pendekatan Lean Healthcare dan Simulasi

Novi Trisnawati, Achmad Bahauddin, Ratna Ekawati

Abstract


Puskesmas merupakan fasilitas kesehatan yang terjangkau bagi seluruh kalangan masyarakat, khususnya  masyarakat menengah kebawah. Salah satu Puskesmas yang ada di Cilegon adalah Puskesmas Jombang. Pada Puskesmas ini ditemukan waktu pelayanan yang lama yang disebabkan oleh aktivitas-aktivitasyang tidak memberikan nilai tambah bagi pasien, sehingga waktu pelayanan lebih lama yaitu ±50 menit. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi aktivitas-aktivitas VA, NVA, dan NNVA, merancang model simulasi menggunakan software Promodel, serta menentukan usulan perbaikan untuk mengurangi lead time pada pelayanan kesehatan di Puskesmas Jombang. Penelitian ini menggunakan metode lean healthcare dan simulasi dengan software Promodel. Hasil simulasi Promodel menunjukkan bahwa waktu rata-rata pelayanan di Puskesmas Jombang pada pasien umum dan pasien askes sebesar 3469,20 detik serta pasien JPS sebesar 3470,40 detik, sehingga dibuat beberapa rancangan perbaikan yang terdiri dari 3 skenario perbaikan dan yang terbaik yaitu pada skenario 3 yang mereduksi waktu dari NNVA dan NVA activity yang menghasilkan rata-rata leadtime untuk pasien umum dan pasien askes sebesar 2047,20 detik serta pasien JPS sebesar 2050,20 detik. Efisiensi waktu pelayanan yang dihasilkan pada pasien umum, pasien askes, dan pasien JPS setelah perbaikan sebesar 11,75%.


Keywords


Lean Healthcare, VA activity, NVA activity, NNVA activity,Software Promodel

Full Text:

PDF

References


Gaspersz, V. 2007. Lean Six Sigma for Manufacturing and Service Industries. PT Gramedia Pustaka Utama : Jakarta.

Harrell, C., Gosh, K.B., dan Bowden, OR. 2000. Simulation Using Promodel, Third Edition. Mcgraw-Hill Companies Inc : New York.

Hines, P And Rich, N. 1997. The Seven Value Stream Mapping Tools, International Journal Of Operations & Production Management, Vol. 17, Hal : 46 - 64. Jimmerson, C. 2010. Value Stream Mapping for Healthcare Made Easy. CRC Press : New York.

Montgomery, D. 2003. Applied Statistics and Probability for Engineers Third Edition. John Willey, Inc : America.

Pratama, D.S, 2012, Usulan Optimasi Waktu Rata-Rata Layanan Rawat Jalan dengan Menggunakan Metode Simulasi di Krakatau Medika Hospital (KMH), Tugas Akhir, Jurusan Teknik Industri. FT Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Cilegon.

Pertiwi, N.K, 2012, Lean Hospital Sebagai Usulan Perbaikan Sistem Rack Addressing dan Order Picking Gudang

Logistik Pembekalan Kesehatan Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih, Tugas Akhir, Universitas Indonesia, Depok.

Stephens, L.J. 2006. Beginning Satistics, Second Edition. Mc Graw Hill : New York

Sutalaksana, I.Z., Anggawisastra, R., dan Tjakraatmaja, J.H. 2006. Teknik Perancangan Sistem Kerja Edisi Kedua. ITB : Bandung.

Syani, F, 2010, Penggunaan Value Sream Mapping pada Instalasi Rawat Jalan untuk Mengurangi Waktu Antrian dan Waktu Tunggu Pasien (Studi Kasus di RSU Haji Surabaya), Tugas Akhir, Jurusan Teknik Industri FTI Institut Sepuluh Nopember, Surabaya.

Zuhdi, A. 2004. Pelatihan Dasar Optimasi Proses Produksi dengan Metode Simulasi. Universitas Gajah Mada : Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jti.v1i1.121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.