Perancangan Ruang Menyusui yang Ergonomis dengan Metode Rasional

Rohma Nurmala, Ja'far Salim, Ade Sri Mariawati

Abstract


Rumah sakit umum yang ada saat ini masih banyak yang belum menyediakan ruang khusus menyusui.  Dalam rangka mendukung pemberian Air Susu Ekslusif (ASI) setiap rumah sakit diwajibkan memiliki ruang dan fasilitas pendukung pemberian ASI. Salah satu fasilitas yang perlu ada dalam ruang menyusui yaitu  kursi. Kursi untuk menyusui yang ada saat ini belum menggunakan prinsip ergonomi dan anthropometri dalam perancangannya sehingga membuat ibu dan bayi merasa  kurang nyaman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang kursi pada ruang menyusui agar memberikan rasa nyaman pada ibu dan bayi saat proses menyusui. Peneliti mencoba merancang kursi dengan menggunakan metode rasional. Metode rasional menitik beratkan sebuah perancangan terstruktur berdasarkan costumer need. Sehingga input, penggunaan dan hasil dari rancangan ini adalah berpusatkan kepada pengguna dengan kata lain perancangan ini berdasarkan human center design. Kuesioner disebarkan kepada 36 responden yang kemudian dilakukuan uji validitas dan reliabilitas.setelah dilakukan pengolahan data dengan metode rasional dari tahap awal hingga tahap akhir maka diperoleh tujuan utama yaitu merancang kursi yang dapat memberikan rasa nyaman pada ibu menyusui, dengan alternatif terpilih yaitu desain kursi untuk perorangan, memiliki sandaran, bentuk sandaran lurus,memiliki penyangga tangan, dan bahan kursi dari kayu solid berlapis busa.


Keywords


Ruang, Kursi Menyusui, Metode rasional

Full Text:

PDF

References


Cross, N. 1994. Engineering Desain Method. John Wiley & Sons. New York.

Danuatmaja, B. 2006. 40 Hari Pasca Persalinan. Hal. 36-53. Puspa Swara. Jakarta

Dwiharso, C. 2010. Tingkat Pemberian ASI Eksklusif Di Indonesia Masih Rendah. http:// www.rri.co.id /index.php?option= com_conten t&task=view&id=4282.( Diakses Pada Tanggal 15 desember 2012 pukul 20.05 WIB).

Ginting, R. 2010. Perancangan Produk. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Keputusan Mentri Kesehatan RI Nomor 450/Menkes/SK/IV/2004. Pemberian Air Susu Ibu (ASI) Ekslusif Pada bayi di Indonesia.

Keputusan Mentri Kesehatan RI Nomor : 1995/MENKES/SK/XII/2010. Standar Anthropometri Penilaian Status Gizi Anak.

Nurfajriah, L. 2010. Perancangan Kursi Kuliah Yang ergonomis di Fakultas Teknik Universitas pembangunan Nasional. Journal Bina Teknika, vol 6, No.1, pp. 81-97

Peraturan pemerintah republik indonesia nomor 33 tahun 2012. Pemberian air susu ibu eksklusif.

Pheasant, S. 2003. Bodyspace;Antropometri, Ergonomics, and design of work. Taylor & FrancisInc. Philadelphia.USA.

Sembiring, J. 2012. Desain Halte dan Trotoar Ergonomis Menggunakan Metode Rasional, Tugas Akhir, Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Cilegon.

Walpole, R. 1992. Pengantar Statistika. PT. Gramedia Pustaka Utama, jakarta.

Wignjosoebroto, S. 2000. Teknik Tata Cara dan Pengukuran kerja. Studio Penerbit Guna Widya. Surabaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jti.v1i2.133

Refbacks

  • There are currently no refbacks.