ANALISA PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001:2008 DI PT. XYZ

Ariesta Saputri, Putiri Bhuana Katili, Ade Irman Saeful Mutaqin S

Abstract


Suatu penjaminan kualitas sangat dibutuhkan untuk memenuhi tuntutan kualitas yang diinginkan oleh konsumen. Sementara itu, quality assurance secara luas dijelaskan sebagai fungsi manajemen strategik yang berkaitan dengan berdirinya kebijakan, standar, dan sistem untuk pemeliharaan atau mempertahankan kualitas. Pada tahun 2010, PT. XYZ sudah menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008. Permasalahan yang dibahas adalah bagaimana implementasi ISO 9001:2008, apa saja data temuan/komplain, faktor apa saja yang menjadi penyebab adanya data temuan/komplain, dan langkah-langkah menuju ISO 9001:2015. Pengambilan data menggunakan metode brainstorming dan observasi dokumen perusahaan (System Quality Manual). System Quality Manual diuraikan sebagai diagram alir, data temuan/komplain diolah menggunakan diagram pareto untuk mencari jenis komplain dominan. Kemudian menggunakan diagram sebab – akibat untuk mencari penyebab adanya data temuan/komplain. Dari hasil dan analisis data penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 pada PT.XYZ diperoleh bahwa penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 di PT.XYZ sudah berjalan dengan baik dibuktikan dengan penurunan jumlah komplain pelanggan dari tahun 2013 sampai dengan tahun 2015. Faktor-faktor yang menjadi penyebab adanya data temuan/komplain adalah faktor tenaga kerja, metode, material, lingkungan, dan mesin.

Keywords


Sistem Manajemen Mutu, ISO 9001:2008, Klausul, Diagram Pareto, Diagram Sebab – Akibat

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jti.v0i0.1823

Refbacks

  • There are currently no refbacks.